Hampir Terjebak dengan Transferan Berlipat di Rekening

Hampir Terjebak dengan Transferan Berlipat di Rekening


Pernahkah kita berada di situasi yang menggerakkan kita untuk berbuat  tidak terpuji? Misalnya, pas kita masih sekolah dulu. Pas lagi istirahat, kita nemu uang 10.000 tergeletak gitu aja dan nggak ada yang nyadar. Perasaan yang muncul pasti pengen ngambil aja deh. Mayan kan, bisa beli chiki ukuran Big atau es krim. Ya kan?


Sebenernya hati kecil ada perasaan ingin ngembaliin. Tapi nggak tahu harus dikembaliin ke siapa. Biasanya kalau sisi malaikat ini menang, ujung-ujungnya dikasih ke guru. Terus entar gurunya juga mikir, “Lumayan bisa makan bakso.” Wk.

Jadi ceritanya aku pernah dapat tawaran kerja sama blogger yang endingnya dibayar lah ya sama client tersebut. Sayangnya client ini kurang komunikatif. Kalau di-Email jawabnya bisa beberapa hari setelahnya. Terus juga pas tahap payment, dia nggak kabar-kabar. Sampai ganti bulan juga.

Aku jadi bertanya-tanya, sudah 2-3 minggu dari tenggat waktu kok belum dikabarin. Dan itu juga kondisi di mana aku nggak cek mutasi di rekening. Ketika aku coba follow up lagi, dia membalas esoknya. Bilang kalau mohon maaf keterlambatannya, sekarang dicek kembali. Okey aku cek mutasi bulan saat itu. Belum ada. Jadi aku tunggu aja deh. 

Pas akhir bulan, aku gajian dooong hehe. Kebiasaanku ketika gajian adalah review pengeluaran dan pemasukan di satu bulan terakhir. Sambil aku bandingin dengan bulan sebelumnya. Dan aku kaget banget, ada pemasukkan yang nominalnya lumayan, dan itu dikirim 2 kali


Aku lihat nama rekening pengirimnya, aku nggak kenal sama sekali. Aku coba ingat-ingat apa pernah temen nitip kirim transfer di aku. Soalnya pernah teman nggak punya rekening tertentu, dan nitip kirim ke rekeningku. Dan itu juga uda kelar urusannya. Ini 2x masuk dan sudah terjadi pertengahan bulan. 

Pusing aku inget-ingetin siapa gerangan. Masa aku pelupanya akut banget begini. Lama aku mikirin, sampai akhirnya aku nyerah. Aku lanjut review pengeluaran bulanan. Pas aku coba cek perbandingan bulan lalu, eh ada nominal yang sama dengan nama yang sama di minggu-minggu akhir!

Baca Juga Blog Bisa Menghasilkan Jadi Uang

Nah, loh! 
Siapa ini yang kirim??
Apa ini semacam pencucian uang?

Setelah itu aku baru kepikiran, oooh kayanya ini payment kerja sama kemarin. Nominalnya sama dengan yang dijanjiin. Tapi akhirnya total dikirim 3x! Mungkin dikira nggak terkirim atau gimana. Entah deh, orang client-nya sendiri juga nggak pernah follow up

Dan tahu bagaimana perasaanku saat itu?

FYI, 2 bulan terakhir pengeluaranku nyaris banyak dan aku menabung hanya sedikit. Lihat transferan nyasar berkali lipat ini bikin naluri ‘butuh duit’-nya keluar. Pengeluaran bulan ini aja buanyak. Kalau aku harus ngembaliin, artinya makin nipis tabungan di rekening. Ya ampun… aku harus gimana?

Sebenernya jawabanny sih sudah jelas ya.  Dikembalikan. Terus aku mikir-mikir 

Mikir begituan itu sampai beberapa hari dan sumpah aku nggak bisa tidur. Sampai akhirnya aku lupa dan teringat kembali ketika aku menceritakan dosa ini ke seseorang. Aku cerita kalau aku sudah dibayar dan ditransfer berkali-kali. Bingung mau dikembaliin, tapi butuh uang.

“Atau  dikembaliin pas gajian lagi aja ya? Pokoknya dikembaliin, tapi nggak sekarang.” Aku bilang gitu ke dia. Daaan… aku diceramahin. Intinya:

Perjanjian kedua belah pihak adala sekian. Kalau kamu dapat 3x lipat, kamu tetap harus menanyakannya. Apakah memang kamu berhak dikirim 3x, atau ini ada kesalahan. Kalau kesalahan, sudah pasti tahu jawabannya kan, harus dikemanakan uang itu?

Kalau kamu nggak bertanya, selama kamu masih menyimpan uang itu, maka kamu akan makan uang bukan hakmu. Dan perutmu itu tersimpan sampai kamu mati. Dan lagi amal baikmu tersendat karena itu. Mau?

Merinding...

Malamnya aku email. Bilang kalau ada 3x transfer masuk. Dan bilang aku berniat mengembalikan. Mohon untuk memberikan no. rekening tujuannya. 

Alhamdulillah… dibalas sama client. Dan rupanya dia nggak tahu kalau transferan itu ngedoble, eh ngetriple di rekeningku. Dia mengapresiasi kejujuranku. -_- Dia nggak tahu aja kalau aku sempat hampir terjebak di lingkaran setan.

Dan kalian tahu bagaimana perasaanku?
Alhamdulillah…. Seperti ada yang ploooong banget. Dan aku bisa tidur nyenyak.  Aku menyesal hampir menjadi manusia yang harus mengambil kesempatan dalam kesempitan. Mungkin kalau aku nggak sedang terlilit tabungan menipis, aku nggak akan mikir panjang. Langsung kukembaliin. 

Mungkin ini rasanya jadi orang yang terhimpit. Dan aku yakin, banyak yang mengalami hal seperti ini. Bisa jadi pelajaran buatku pribadi.

Aku malah salah kalau langsung melabeli uang itu sebagai uangku atau itu punyaku dan halal buatku. Client aja nggak tahu kaan masalah ngetriple ini. Untung aja nggak jadi uang haram. 

Bisa makin kurus berpenyakitan entar.

Ngomongin duit di rekening, kalian sudah siap belum menghadapi momen Hari Belanja Nasional atau #HARBOLNAS di tanggal 1212 tahun ini? Sudah nentuin Marketplace mana? Aku sih sudah incar di ZALORA. Hihi… Nggak sabaaar nunggu Harbolnas!



Sumber Gambar: Indonesia Invesment | RCN | Freepik | Adam Riemer | Be Social be Savy


Previous
Next Post »

38 komentar

Write komentar
kania
AUTHOR
Thursday 8 December 2016 at 14:46:00 GMT+7 delete

jujur memang lebi menenangkan ya mba :)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 8 December 2016 at 15:53:00 GMT+7 delete

Iya.. Dan aku menyesal banget sempat buta karena terhimpit :(

Reply
avatar
Thursday 8 December 2016 at 16:30:00 GMT+7 delete

Mbak, aku pernah banget mengalaminya. Trus aku deg-degan tau Mbak, akhirnya kukontak ybs dan kukembalikan :')

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
Thursday 8 December 2016 at 16:48:00 GMT+7 delete

salut mbak...andai aku jadi client pasti bakal aku masukin daftar list nomer satu paling atas 😍

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 8 December 2016 at 17:33:00 GMT+7 delete

Iya kan, ada perasaan tergiur tapi takut :')

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 8 December 2016 at 17:33:00 GMT+7 delete

Maksudnya list apa Mbak Vety o.o?

Reply
avatar
pejalan.mimpi
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 10:33:00 GMT+7 delete

Salut, semoga bisa menginspirasi banyak manusia dimuka bumi ini ya mbak,.

Reply
avatar
Bima
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 11:05:00 GMT+7 delete

salut sama mbak :) iya emang aku juga pernah dapat moment kayak gitu. Ini sungguh artikel yg bisa jadi pelajran banyak orang, kalau bukan hak kita, maka jangan disalah gunakan. Thanks :)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 12:19:00 GMT+7 delete

:') iya.. Tapi ya awalnya sempat bersikap salah...

Reply
avatar
Friday 9 December 2016 at 13:04:00 GMT+7 delete

ya ampun, berhati mulia juga mba vindy ini. mending bener balikin saja sudah, gak enak makan harta ug bukan haknya wkwkwk.

Reply
avatar
zaenudin
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 14:07:00 GMT+7 delete

bagus nona vindy.. kejelekan itu pasti ada balasannya, meskipun tidak tahu kapan datangnya dan sadar atau tidak ketika balasannya itu datang.

saya kira apresiasi clientnya merelakan transferannya buat nona vindy. hehe

Reply
avatar
Friday 9 December 2016 at 14:25:00 GMT+7 delete

sama mbaak, aku juga pernah dikirim double giniii untung aku cepet ngecek rekening :3

Reply
avatar
Friday 9 December 2016 at 14:37:00 GMT+7 delete

Wah, bisa client kamu ngak tau kalo transfernya bisa triple kalo gitu..
Kalo aku ngalamin hal yg sama, aku juga asti mikir2 dikembaliin ato gak.. Apalagi orangnya yg sana gak nanyain.. Hehehe
Tapi alhamdulillah suara malaikat masih terdengar..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 16:40:00 GMT+7 delete

Duh :( iya aku nggak mau makan bukan hak...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 16:41:00 GMT+7 delete

Wah masuk surga deh nih ahaha.Tapi itu mungkin gara-gara terlalu sibuk jadi clientnya jarang komunikasi plus cek cek rekening. Tapi untung mbaknya masih gak dibiarin khilaf, semoga aja makin banyak orang yang seperti ini.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 16:48:00 GMT+7 delete

Semoga kita semua tidak sampai terhimpit dan diberi kesempatan dalam kesempitan begini ya... rasanya bener-bener dilema.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 16:50:00 GMT+7 delete

:') Tapi sebenernya ya sempat mau khilaf. Huhu.. Syukur masih takut... :) Makasih yaa...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 17:12:00 GMT+7 delete

Iya, makanya... jadi itu bener-bener bukan hakkku kan jadinya... ^^ iya alhamdulillah... masih bisa jujur di dalam situasi terhimpit

Reply
avatar
Suara Macan
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 19:09:00 GMT+7 delete

pada pepatah berjudul, lebih baik jujur tapi pahit berujung manis, daripada bohong tapi manis, klo bohongkan ujung ujungnya pasti pahit, dan itu sangat nyesek.

jadi, kak vindi klo menemukan hal serupa lagi, minta konfirmasinya aja lagi ^_^

Reply
avatar
inezdiva
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 19:47:00 GMT+7 delete

Wahh jadi bikin aku makin hati" nih kak, thankyou for sharing hehe

www.extraodiary.com

Reply
avatar
Fitri
AUTHOR
Friday 9 December 2016 at 23:02:00 GMT+7 delete

Kak Vindy berhati mulia sekaliii....

Untung aja yah yg menang sisi baiknya, coba yg menang sisi buruknya... mungkin duitnya bakal ditilep aja.
Eh tapi itu gak baik siih. Secara gak langsung kita ngambil yg sebenernya bukan hak kita yg itu berarti sama aja dengan mencuri....

Dan untung juga Kak Vindy cepat tanggap dan teliti.. jadi bisa cepet ketauan deh kalau ada kesalahan kirim...

Semoga dengan kejujuran Kak Vindy ini jadi semakin mengundang rezeki yg lebih banyak lagi... *aamiinn* *dan semoga ketularan juga* hehehee....

Reply
avatar
Saturday 10 December 2016 at 00:49:00 GMT+7 delete

Aku juga pernah ngalamin yg kayak gitu, tapi saking butuh banget akhirnya kepake deh, tapi tetep aku kembalikan dan udah ijin dulu sebelumnya dengan yg punyanya. Oh iya, kalo mau belanja di Zalora, pake kodeku aja mbak, kodenya ZBAP2OLY supaya dapet diskon 15%, belum lagi ditambah nanti diskon pas HARBOLNAS-nya, kan lumayan hehehe

Reply
avatar
Santo Ahmad
AUTHOR
Saturday 10 December 2016 at 06:16:00 GMT+7 delete

Terkadang karena kebutuhan bikin orang gelap mata mbk, yang bukan haknya rasanya pengen makek aja. Beruntung mb vindy punya temen yang baik mau menasihati mb vindy.

Aku pernahnya dapet pulsa yang nyasar, tak tunggu gak ada yang sms apa telpon minta balikin ya aku pakai aja. Lha gimana wong aku gak tau pengirimnya. Hehehe

Aku dosa gak ya mbk.

Reply
avatar
axton
AUTHOR
Saturday 10 December 2016 at 08:10:00 GMT+7 delete

Jujur lebih baik ka :3 Soalnya uang aku pernah di ambil sama temen pass nitip ATM ke dia.
Yh aku ikhlasin ajh heheheh mungkin bukan rezeki ajh.
Pdhl itu gaji ku :3

Reply
avatar
Fuji Astyani
AUTHOR
Saturday 10 December 2016 at 13:33:00 GMT+7 delete

mbak mbak, aku mau bilang aja deh ya, makan duit 'nemu' itu emang ngga barokah. serius. itu kejadian banget di aku. jadi pas aku pulkam, aku lagi jalan2 nih sendirian.. eh nemu duit SERATUS RIBU. bayangin, ada duit jatoh SERATUS RIBU. jalan gang, sepi, gak ada yg lewat dan liat. terus setannya, aku ambil mbak duit itu. dengan niatan kalau seminggu ga ada yg nanyain, gw simpen aja nih duit. seminggu dari aku nemu uang itu, sekampung ga ada yg heboh kejatuhan uang, akhirnya duit 'nemu' itu accidentaly terbelanjakan, dan apa coba mbak.. ga nyampe sebulan, sendal yg aku beli pake duit 'nemu' itu dicolong orang.

setelah itu aku kalo liat duit jatoh tak tinggal ae. ngeri kok.

Reply
avatar
Saturday 10 December 2016 at 14:06:00 GMT+7 delete

Wah, ini sifat kejujuran yang harus dicontoh banyak orang :D
Karena banyak org yg bakal tergiur klo dlm posisi sperti km vin, hehe

apalagi kalau udh dlm skala profesional... Ini bukan masalah salah transfer, tp kita sengaja dikirimin duit ratusan juta hingga milyaran oleh rek ga di kenal. Itu bahaya kita bs dituduh menerima suap, klo ada uang masuk banyak harus segera dilaporkan jadinya. Biar ga ada masalah :)

Reply
avatar
Anagakaci
AUTHOR
Saturday 10 December 2016 at 20:08:00 GMT+7 delete

gue pernah ngalamin
ada uang masuk kerekening gue
persoalannya satu, gue kagak bisa balikin karna kagak tau siapa yang ngirim :v

terus gue pake aja tuh uangnya... :v
amal baik gue sendat kagak karna itu vin ?

Reply
avatar
Saturday 10 December 2016 at 21:03:00 GMT+7 delete

wah keren nih mbak vindi mungkin kkalau kejadian itu terjadi sama gue. kejadiannya bakal beda hahaha

mungkin agak dilema sampai akhirnya memutuskan untuk ngebaliin uangnya ke sana. gue yakin bakal diganti dengan uang yang lebih banyak vin tunggu ajah

Reply
avatar
Sunday 11 December 2016 at 09:28:00 GMT+7 delete

ahahahaha....ngeri ngeri,,,
kayaknya hampir semua orang pernah berada pada posisi seperti itu
dipake, takut dosa
dikembaliin, sayang banget

cuman pada akhirnya, kejujuran dalam diri kita yang bakal nentuin
dan mbak vindy beruntung banget ada temen yang ngingetin
terselamatkanlah sampean, mbak

Reply
avatar
Muhammad Afif
AUTHOR
Sunday 11 December 2016 at 13:55:00 GMT+7 delete

Honestly pernah juga berbuat "tidak baik" kayak gitu. Nemu uang dua puluh rebuan dijalanan terus gue ambil dan bagi dua sama temen. Waktu itu mikir kan ini jatuhnya dijalanan, uang siapa coba, yaudah gue ambil aja. Namun kayaknya ini tindakan kurang baik yaa, jangan ditiru :p

Seneng juga kalo dapat uang yang gak tau siapa pengirim nya, namun yaa mau gak mau harus dibalikin :D

Reply
avatar
Akarui Cha
AUTHOR
Monday 12 December 2016 at 00:08:00 GMT+7 delete

Duuu untung kamu sadar ya vind. Kan kasian client-nya juga.

Tapi kamu keren. Tiap bulan ngebandingin pemasukan dan pengeluaran. Kalau aku, duu ... pokoknya jajan seminggu sekian dan habis gajian wajib banget nabung duluan.

Btw udah masuk 1212 nih. Hunting belanjaan di marketplace yuk vind.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
Saturday 17 December 2016 at 06:45:00 GMT+7 delete

Wah aku belom pernah ada pengalaman begitu. Malah kemaren salah transfer ke rekening orang lain, tapi duitnya gak dibalikin :( sedih. Hilang sejuta... :/
*eh curhat...

Reply
avatar
Mei Wulandari
AUTHOR
Sunday 18 December 2016 at 16:07:00 GMT+7 delete

Waaaa untung km jujur ya Vind meskipun sempat tergiur. Karena kalau bukan hak kita ya gitu bikin hidup gak tenang. 3 x lipat itu banyak lho

Reply
avatar
masbidin
AUTHOR
Wednesday 4 January 2017 at 11:21:00 GMT+7 delete

bagus mbak vindy.. setiap keburukan itu pasti ada balasannya entah kapan itu datangnya

Reply
avatar
Friday 6 January 2017 at 22:12:00 GMT+7 delete

Hebat, jaman sekarang orang jujur kayak kamu itu jarang banget, hahaha. Kalo yg dapetnya orang laen, bukan kamu, pasti udah pura-pura ga tau. Tapi ya, gua yakin, segala kebaikan yg kita tanam akan berbuah kebaikan pula, jadi, terus jadi orang jujur ya, jangan pernah berubah =)

Reply
avatar
Klik Center
AUTHOR
Sunday 5 February 2017 at 20:15:00 GMT+7 delete

wew jujur banget mbak vindy,kalau aq mah suka khilaf wkwkwk.... makasih kisahnya keren mbak

Reply
avatar
Ahmad
AUTHOR
Saturday 11 February 2017 at 12:33:00 GMT+7 delete

salut .. jarang ada org jujur seperti mbak ini

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon