Awas, Ada Cewek PMS!

Thursday, 27 August 2015

Awas, Ada Cewek PMS!

Cewek dewasa ditandai dengan perubahan tubuh, dari segi bentuk fisik dan hormonal. Setiap bulan cewek yang nggak lagi hamil bakal melepaskan telur yang sudah matang bersamaan dengan luruhnya dinding rahim yang penuh darah. Hal ini biasa disebut Menstruasi.

Kenapa bisa Menstruasi?

Dari pertama cewek dilahirkan bahkan masih di dalan kandungan, cewek sudah dibekali ratusan ribu telur yang siap dilepaskan. Beberapa literatur berbeda menyebutkan berapa jumlah telur cewek. Ada yang meyebutkan 700 ribu telur, ada juga yang menyebutkan 300 ribu telur.

Ilustrasi Organ Intim Cewek
Persediaan telur inilah yang akan dilepaskan satu persatu di setiap bulannya. Sehingga dapat dikatakan bahwa jumlah telur cewek itu terbatas dan akan habis pada waktunya. Masa menstruasi wanita antara 30-40 tahun. Setelah itu dia nggak akan bisa hamil dan menstruasi lagi.

Jika telur yang dilepas bertemu dengan sperma, maka terjadilah pembuahan. Ini akan menjadi calon bayi yang bakal tidur nyenak di bantalan darah (dinding rahim). Tetapi, kalau telur itu nggak ketemu dengan sperma, telur akan dilepas bersama dengan dinding rahim sampai bersih. Itulah menstruasi.





Senggol Dikit, Kelar Hidup Lo!

Banyak meme yang nyebutin jangan ganggu cewek lagi PMS. Haha! Soalnya bakal nggak ada ujungnya kalau berurusan sama cewek PMS. Salah dikit bakal disemprot! Cowok yang pernah punya cewek atau banyak teman cewek, paham akan hal ini.

Meme PMS

Pre Menstrual Syndrom. Disebut Pre karena memang PMS terjadi sebelum cewek menstruasi. Dan disebut syndrom karena sifatnya memiliki gejala yang bakal timbul karena sesuatu. 

Terus kenapa cewek PMS hobinya marah-marah, mudah tersinggung, labil, sensitif, dan banyak hal buruk lainnya? Percaya deh, cewek (terutama belum menikah dan melahirkan) yang akan mengeluarkan darah tiap bulannya bukanlah hal yang nyaman. Faktanya, sebelum mengeluarkan darah di hari pertama bulanannya, hormon jadi nggak stabil.

Cewek yang lagi PMS
Hormon dalam tubuh cewek ini berubah-ubah sesuai dengan siklusnya. Aku nggak akan menyebutkan nama-nama hormon itu. Karena mungkin bakal susah dipahami. Intinya begini. Satu bulan ada masa di mana tubuh cewek mempersiapkan kehamilan, maka hormon tersebut meningkat. 

Saat telur tidak jadi dibuahi, hormon akan berubah kembali menjadi stabil. Hormon mempengaruhi perubahan lain dalam tubuh.

Contoh mudahnya, cewek akan mengalami yang namanya pegal-pegal, nyeri yang amat maha dahsyat di bagian (maaf) dada, pinggul dan bagian bawah perut (rahim), suhu tubuh yang meningkat, bau badan, belum lagi jerawat yang tumbuh. Udah susah payah bersihin wajah, perawatan, jerawat hormonal masih aja suka muncul. Apalagi nambah masalah, 'nggak bawa pembalut, tembus!' makin bikin malu dan mood anjlok! Ini membuat bete, kesel, dan nggak nyaman banget! 

Cewek ini seolah dipermainkan oleh hormon dan tubuhnnya sendiri.

Tubuh ini menyerang, kalau diusik... 
Tanduk kemarahan dijamin muncul dan taring gigi siap mencabik-cabik! Muahaha... Cewek yang udah masuk PMS itu maunya disayang-sayang, dimanja, diperhatiin, dispesialin, pokoknya dibuat nyaman deh! 

Ada yang bilang setelah menikah (berhubungan suami istri/melahirkan) gejala tubuh tidak nyaman itu nggak bakal muncul lagi. Aku tidak bisa mengiyakan karena aku belum mengalami hal itu. Tapi aku pernah kok emosi stabil bahkan tubuh merasa nyaman. Itu pun paling setahun hanya 1-2 kali. Sisanya pasti selalu sakit dan menjemuhkan. Iiyyuuuwwhhh!





Telat Menstruasi, PMS makin lama

"Telat nih. Satu minggu."

Demi Tuhan ini hal yang paling nggak disukain cewek! Telat mentsruasi adalah hal paling menyebalkan! Aku nggak bicarain telat karena berhubungan seks ya. Itu lain hal. PMS umumnya terjadi 1-2 minggu sebelum tanggal menstruasi. Kalau menstruasi telat? Aaaaahhh... Tubuh ini makin nggak karuan!

Umumnya, Setelah pegal, nyeri, linu PMS, begitu hari pertama muncul, kesakitan itu hilang. Lah ini? Nyeri berkepanjangan, menstruasi nggak kunjung datang. Itu artinya:
Cewek lagi nyeri Menstruasi
PENDERITAAN SEMAKIN LAMA! 

Please..., kemana cewek harus meletakkan tubuh ini dengan nyaman. Hiks.






Kenapa Menstruasi Telat?

Kalau terjadi pembuahan, jawabnya cewek itu sedang hamil. Tapi kalau belum terjadi pembuahan, jawabnya: hormonnya lagi 'makin' nggak stabil. Udah dipermainin hormon, masih aja nggak stabil. Nggak stabilnya karena pengaruh eksternal. Misalnya banyak pikiran, pola makan nggak bagus, daya tahan tubuh, atau mungkin kurang istirahat karena kesibukan. 

So, udah tahu kan kenapa cewek PMS selalu menyebalkan dan sensitif? Tenang bagi kaum cowok, itu artinya kamu punya cewek normal karena hormonal. Itu sebabnya penting untuk mencatat kapan tanggal menstruasi. Banyak aplikasi di android sebagai pengingat. Jika sudah begitu, pihak cewek bisa mempersiapkan pembalut di tas dan bisa menjaga pola makan sehingga hormon bisa lebih stabil.


  Tips untuk cewek PMS  
1. Makan makanan yang sehat untuk menstabilkan hormon. Buah, sayur, dan banyak makan protein.
2. Catat tanggal menstruasimu. Ini penting untuk alarm dan history.
3. Minum jamu/oles balsem/sesuatu yang hangat , kalau nyeri datang.
4. Selalu membayangkan hal yang menyenangkan. 
5. Mulai belajar 'masa bodoh' dengan hal nggak penting yang bikin makin bete.
6. Selalu bawa persediaan pembalut di tas, biar nggak uring-uringn kalau tembus.

Cewek PMS, Cowok Pusing

  Tips menghadapi cewek PMS  
1. Jika tahu tanggal mentruasi, persiapkan mental +\- 1 minggu sebelumnya.
2. Jika mulai berubah jadi singa, sanjung, besarkan hatinya dengan pujian dan hal menyenangkan.
3. Jika cewek sudah marah, jangan lantas ikut marah memperbesar masalah. Yakinlah, ini hanya emosi sesaat. Khilaf, istilahnya.
4. Intinya, buat hatinya tenang dan senang.
5. Peluk dia.


Semoga tulisan ini memberi jawaban dan wawasan baru, ya...!
Wanita hanya ingin dimengerti... 
^^

Sini Peluk!

Sumber Gambar:
Aswaja | 1Cak | Salam Reproduksi Wanita | Cara Mengatasi Nyeri Haid | Komik Line

34 comments :

  1. euuuuh betul tuh kalo lagi PMS suka gitu males ini itu lah mau nya dieum di manjain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..., iya begitu. Pengennya dimanjain yah hihi

      Delete
  2. kalo lagi pms suka pengen di manja-manjain apalagi sama pacar haha

    ReplyDelete
  3. Cewe gua kalo lagi PMS bukan jadi galak, malah jadi mesra tuh, kenapa ya?
    Tapi emang kasian ya kalian para cewe, sebulan sekali harus ngalamin hal kayak gini. Ya Tuhan, untung saya dilahirkan jadi seorang cowo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, tapi aku bersyukur sih jadi cewek.., karena cewek itu selalu spesial hihi

      Delete
  4. berarti kalo cewe PMS mesti dibawa ke tempat bermain anak ya.. hehe

    ReplyDelete
  5. Untunh kalo lgi mens badanku gak sakit. Kan banyak tuh yg ngeluh kesakitan.
    Tapi bener sih klo lg PMS plisss jgn ganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung kamu nggak sakit ya... aku selalu merasa nyeri nih.. :(

      Delete
  6. wahahaha, lumayan nambah pengethuan biologi. pre menstrual syndrom ini emang salah satu siklus yang horror yak. siklus pertumbahan darah yang membuat wanita terlihat lebih seram daripada biasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..., makanya sayangi cewek kamu ya. Hehehe... Syukur bisa jadi wawasan baru buatmu tentang biologi haha

      Delete
  7. Wah adikku mesti baca nih, awal-awal mens sempet uring-uringan dia. Kayaknya PMS eh emang iya PMS. Haha..

    Berguna banget tipsnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..., ajak adiknya baca, biar dia bisa mengenali tubuhnya :)
      Sama-sama...

      Delete
  8. jadi inget beberapa bulan yg lalu.. hahaha
    ada temen cewek gue yg ngomong tentang PMS terus gue tanyain PMS itu apa? malah jawabnya PMS = mesntruasi, kan yg bener gejalan sebelum menstruasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..., PMS itu sebelum menstruasi. :D Nah..., kaya begitu kudu dilurusin tuh.. hehehe... semga setelah baca ini nggak jadi salah lagi yaa

      Delete
  9. wahaha nambah info banget tentang dunia per-pms-an haha

    Btw asik tipsnya, jadi pengen nyari cewek pms yang mau dipeluk #EHGIMANA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..., jadi nambah wawasan lagi ya..Senang dengernya bisa jadi manfaat. :)

      Delete
  10. Kasihan ya jadi cewek. Tiap bulan kayak gini. Nggak jadi pengen jadi cewek deh. *apaan

    Kayaknya ini penyebab dulu kakak aku sering marah marah deh. Dia lagi PMS. Emang setiap hari marah-marah sih. Tapi ada waktu dimana marahnya ini tingkat nasional. Beh, cuma nyentuh benda-benda berharganya dikit aja bisa langsung di smackdown.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, ketahuan kamu mau jadi cewek ya hayoo coba tebak.. :D
      Iya gitu, Ponco. Suka nggak rasional ya cewek PMS itu. -_-

      Delete
  11. eh ngomongin masalah PMS. gue pernah duduk samping cewe yang lagi menstruasi,lama-lama ko kecium bau amis ya.. apa itu normal nona vindy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amis itu berarti dia kenapa ya? Mungkin dia belum ganti pembalut. >.< aduh.. jorok ya.
      Mungkin dia lagi banyak-banyaknya...

      Delete
  12. Ah, ngomongin pms, aku bulan Juli kmren gak dapet loh:( Bulan agustus ini jg blm, biasanya sih di akhir bulan gtu sih, mdah2an aja tgl 29-30 agst ini dapet deh.. Hormonku emg gak stabil nih:( kdang muka udah bruntusan krna jerawat, eh trnyata blm dpt jg.. Udh dtunggu2in pdhal:(

    Kalo masalah nyeri gtu sih, Alhamdulillah aku gak suka nyeri2 yg ampe sakit banget gtu pas mens hri prtama, paling agak2 mules, tp gak parah2 banget sih, bsokannya jg udh ilang.

    Eh tp prnah deh sekali2nya... Bener2 sakit sampe ga bisa bgn dr tmpat tdr seharian. Makan pun enggak, saking gak berasa laper. Rasa laper kalah sama rasa sakit. Biarpun udh diolesin balsem tp sama aja, gak ngaruh.

    Klo PMS, brrti sblum mens ya?? Kalo emosional sih biasanya aku lebih mudah trsinggung, baper, trs nangis mulu dehh, bkan marah2 akumah, nangis.. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Lu... begitu emang rasanya. Nggak nyaman gitu ya badannya. Itu pengaruh hormon, Lu. Jadi gampang emosi. Wah, Juli kenapa nggak dapet, Lu. Tapi ada juga temen yang begitu. Bulan kedua mens-nya jadi lebih lama sedikit. Mudah-mudahan nggak sampai nyeri banget ya bulan ini. Kan rapel 2 bulan tuh.

      Delete
  13. Whaha. Ngomongin cewek PMS.
    Aku sebenernya juga suka telat gitu. Aku kalo telat, biasanya karena kurang olahraga. Harus lari-lari dulu dan banyak gerak gitu, baru keluar. :')
    Terus jerawat pasti muncul terus. :( Suka sebel. Nanti wajah udah bersih, eh, ada lagi jerawatnya. Kulelah dengan jerawat ini. :(
    Masalah nyeri, beuuuh. Jangan ditanya, itu sakit banget. Kalo udah kumat, aku cuma bisa guling-guling di kasur. Kadang sampe nangis. -_-
    Udah aku orangnya mudah emosi, ditambah PMS. Wkwkwk. Bahaya banget. :))
    Tapi, untungnya makin ke sini, makin bisa mengontrol emosi. Hehe. Harus bisa begitu kan ya, Kak? :)

    ReplyDelete
  14. Kalo aku, cukup bawain eskrim sama cokelat, udah bakalan adem :)) hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihhi.. beruntung pacar kamu ya. Beliin coklat udah anteng :D

      Delete
  15. Tips mengatasi cewek PMSpoin ke 5, peluk dia. Oh, iya banget. Habis itu langsung adem ayem dan sabarrrrr/

    ReplyDelete
  16. lucnunya kalau cwe lagi pms, nabrak tembok, temboknya yang minta maaf wkwkwkw ada-ada aja ni .. :D

    ReplyDelete
  17. haha ngeri ngeri sedap.. btw yang terakhir tu.. Pengin meluk situ.. sini pelukk.. wkwk

    ReplyDelete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com