Main Pokémon Go di ASUS Zenfone Max

Wednesday, 13 July 2016

Main Pokémon Go di ASUS Zenfone Max

Main Pokémon Go di ASUS Zenfone Max

Beberapa pekan ini beranda Facebook dipenuhi dengan update game di smartphone yang namanya Pokémon Go. Awalnya aku hanya lihat beberapa temen upload capture smartphone mereka lagi nangkap Pokémon sampai lihat temen upload Dos Book Smartphone baru dan lengkap dengan Smartphonenya dengan caption:

“Bela-belain beli smartphone baru,
biar bisa main Pokémon Go.”

Huwaw sekali ya? Aku heran, ini game apaan sih sampai bikin orang tergerak untuk ganti smartphone. Namanya juga viral, bikin orang yang awalnya nggak tahu jadi tahu terus jadi ikut-ikutan pengen coba instal.

Seperti aku, hahahaha!
Aku juga penasaran dong sama game satu ini. Apalagi aku memang suka main game dari kecil. Masih TK aku sudah main Mario Bros di Nintendo atau Race Racing, Circus, King Kong, Popeye, Tank, dan lainnya.



Tentang Pokémon Go

Kalau game Pokémon itu kan kita main di layar sambil gerakin pakai navigasi. Masuk semak-semak, masuk ruangan atau di mana saja entar muncul Pokémon, tarung, dan koleksi penemuan Pokémon-nya.

Tanggal 31 Maret 2014, Google Maps bikin April Mop tentang Pokémon Challange. Jadi ada video orang-orang berpetualangan menemukan Pokémon di dunia nyata pakai google maps. Dan walaaaa...! Dua (2) tahun kemudian ini semua menjadi nyata. Sumber instagram @dagelan.

Bedanya dengan Pokémon Go adalah, sama-sama dengan layar, kali ini layar smartphone, lalu kita mencari Pokémon di lingkungan kita. Entar tau-tau muncul si Pokémon-nya. Kita tangkap deh pakai bola. Dan kita bisa tuh bertarung sesama teman. Bisa koleksi Pokémonnya, dan bisa jadi bahan modusan. Ya kali misal di jalan iseng main, ternyata nggak jauh dari kita berada ada yang main juga.

Bertarung Pokémon-nya, kenalan si pemiliknya. 
Ya kali kaann.. siapa tau jodoh. Waks.




Kenapa Pokémon Go Ngehits?

Yang perlu kita pahami adalah, hadirnya Pokémon Go bagi banyak orang adalah harapan dan khayalan yang menjadi nyata. Mereka yang begitu antusias banyak yang memang sejak kecil kenal dengan serunya bermain bahkan nonton serial tv nya.


Instal di ASUS Zenfone Max

Sampai suatu ketika aku nemuin status kalau game Pokémon Go nggak bisa diinstal di smartphone ASUS dan Samsung Galaxy. Smartphone-ku kan ASUS Zenfone Max. Hm..., penasaranku jadi agak ciyut. Ah jadi males deh coba-coba. Cukup lihat aja di beranda keseruannya, ya kan?

Trus ada update status lagi kalau Pokémon Go itu nggak bisa diinstal di Prosesor Intel. Wah, angin segar nih! Smartphone-ku memang ASUS, tapi prosesornya Snapdragon. Berarti bisa dong? Ya udin lah ya..., langsung coba cari apk di internet.

Aku download di sini 
untuk versi 0.29.02

     PENTING:     
Rename nama file nya jadi Pokemon Go.apk
atau ganti warna merah di atas dengan nama apa saja diakhiri dengan .apk


Terus aku juga Nonton trailernya di website resminya. Lumayan seru lah pikirku, kan... Ada semacam remote kecil entah itu buat apa ya? Bisa dipencet-pencet. Nggak ngerti fungsinya apaan. Tapi cukup keren menurutku konsepnya. Cari-cari Pokémon di lingkungan nyata kita.


KABAR GEMBIRA!
Semua ASUS udah bisa, loh!
Temanku ASUS Zenfone 5 bisa...
(Versi sudah Kitkat)
coba cek di sini ya.

Downloadnya sebesarnya 50-an Mb. Sambil kerja di kantor, aku download dan instal deh itu game. Ohya, aktifin juga GPS-nya. GPS itu penting, kalau nggak ada GPS, kita nggak bisa keliling-keliling untuk cari Pokémon Go-nya. Pas instal juga kita disuruh memilih untuk tolak/terima 4 pengaturan yang kudu disetting.

Cara Instal Pokemon Go


Rupanya di ASUS Zenfone Max bisa terinstal saudara-saudara! Buru-buru deh login pakai akun Gmail dan setting Avatarnya. Aku pakai karakter cewek dengan nuansa baju ungu-kuning.

Ketika aku aktifin kamera, bisa dipertama kali. Tapi terus ketika aku aktifin AR, aku nggak bisa balikin gimana ke mode kamera wkwkwk... Ada yang bisa bantu?

Pilih Style Karakter Pokemon Go




Cari Pokémon

Yang kulakukan setelah itu adalah cari Pokémon yes! 
Karena masih di kantor, aku coba cari-cari di sekitar mejaku. Ketemu sih di balik komputer temen sama di balik bilik komputerku. Tapi Pokémon-nya nggak nampak. Kata teman ini masih bug belum sempurna gitu. Pas aku coba aktifin mode AR, nampak. Terus aku lempar bolanya. Ketangkep satu! Yeay! 

Mencari Pokemon Go


Tapi setelah itu macet......
Aku tungguin sampe perjalanan pulang kantor nggak berubah gambarnya. Macet cet cet...

Aku coba clear Recent Activity dan Boost RAM, baru deh bisa. Aku keliling-keliling dong, tapi nggak nemu Pokémon-nya. Mungkin mereka lagi bobok ya? Soalnya sudah jam 10 malem. Haha.

Mencari Pokemon Go




PokéStops di Masjid

Terus ada ini.. PokéStops. Ini semacam tempat untuk dapat Pokémon kita. Ini muncul loh beberapa titik. Aku klik dan rupanya itu spot-spot masjid. Ya masa PokéStops ini di masjid? Apa Pokémon-nya Pokémon syariah gitu ya? Anu, ketika di-upgrade, Pokémon kita jadi lebih religius. Tapi ada juga di tempat-tempat umum gitu. Mungkin biar sekalian kita mengunjungi tempat-tempat itu.

Sampai malam aku masi coba jalan-jalan. Nggak begitu banyak gerak dari posisi. Dan aku juga masih nggak nemu Pokémon lainnya. Sama seperti temanku yang update status kalau udah keliling Medan tapi nggak nemu Pokémon sama sekali. Haha. Karena capek, aku tutup aja gamenya. Terus aku juga matiin GPS.

Pas di kantor, ternyata banyak juga PokéStops di sekitar kantor. Lumayaaan..





Boros Batrai?

Jawabku iya. Meski aku Pakai Asus Zenfone Max yang batrainya tangguh 5000 mAh, dan meski aku juga nggak main sampai lama, tapi di keterangan aplikasi sudah tertulis jelas menghabiskan banyak batrai.

Pemakaian Baterai Pokemon Go





Lanjut Main?

Nggak kayanya ya, hahahaa... soalnya aku nggak ngerti cara mainnya. Kalau nemu boleh lah... Tapi nggak sering sih. Lagian aku juga nggak banyak jalan-jalan. Di rumah mulu atau di kantor mulu. Ya masa aku mau keliling kota cuma cari Pokémon? Tapi banyak juga sih yang keliling cari Pokémon haha... Kalau aku sih mending Smule-an nyanyi atau olahraga dance cover lagu-lagu.

Lihat dance cover-ku di Youtube: Dance Cover Ah Choo - Lovelyz

Rasa penasaranku sudah terbayar sih dan untungnya nggak pakai ganti smartphone segala. Meski aku lihat kayanya seru ya cari-cari Pokémon pakai kamera. Aku pernah lihat di google image, orang dapat Pokémon Ikan tapi di atas teflon atau Pokémon-nya berdirinya agak doyong karena ketabrak mobil. Jadi seperti nyata gitu.

Tapi bagi teman-teman yang suka banget dengan Pokémon dan memang suka petualangan mencari di pelosok-pelosok, ini game cocok buatmu sedangkan aku nggak cocok. Apalagi referensiku tentang Pokémon juga minim. 

Booming Pokémon Go nggak hanya di Facebook. Kata kakakku juga booming di Kaskus. Eh pas aku main ke Instagram, juga demam Pokémon Go. Hiyaahh....

Komik Strip Pokemon Go


Jadi, kamu sudah instal Pokémon Go?
Bagaimana menurutmu?


20 comments :

  1. Belum nih, aku belum instal Pokemon Go. Sebenarnya penasaran juga sih. Di mana2 lagi pada ngomongin Pokemon. Sisi positifnya dari game ini kayak yg diomongin banyak orang sih. Ngajak orang buat keluar rumah. Negatifnya sih, meski udah keluar rumah tapi tetep aja fokusnya sama hp. Hadeh.

    ReplyDelete
  2. Baru install tadi pagi, iseng2 nyobain... eh gps not found, gak tau deh gimana benerinnya.. males nyari info

    Padahal kayaknya asik nih permainan , tapi apalah daya.. gak bisa maennya juga. ZenMax juga udah pas banget didukung batre badaknya :D

    Sebenernya game ini semacam impian masa kecil yang jadi kenyataan, tapi pas udah gede males mau maenin ini game hehe

    ReplyDelete
  3. ya Alloh bund, ak pnasaran sbner ny, tp ngga ada smartphone yg bs d install ini drumah, hhe,
    makasi infony. jd agak agak paham, game ny macem gimana, hhe

    ReplyDelete
  4. sedikit meluruskan :)

    sebenarnya bukan merk asus yang tidak bisa melainkan tidak support proc intel, dan tidak semua merk asus menggunakan proc intel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe aku juga sudah menulis demikian kok... aku sudah ceritakan bahwa memang bukan asusnya, tapi prosesornya.
      coba dibaca kembali ya... :D

      Delete
  5. Niat banget itu ya temen kamu sampe beli hape baru bela2in buat bisa main pokemon go haha.
    Game ini memang booming akhir2 ini. Aku sih jadi penikmat aja, nggak ikutan main. Entah kenapa masih belum tertarik buat main pokemon go. Masih enakan main harvest moon back to nature haha.

    Keren yaa hp kamu bisa dibuat main pokemon go. Lanjutin aja mainnya lah, siapa tahu nanti bisa nemu pokemon..

    ReplyDelete
  6. Di asus zenfone 2 ga bisa ya, vin? Padahal penasaran sama game ini. :D

    ReplyDelete
  7. Gue juga asus nih. Sayang bgt masih pake intel. Apa salah intel ya, vin? :(((

    Eh iya temen kamu itu niat bgt ya beli smartphone cuma demi maen game. Mungkin lagi banyak rezeki ya. Haha

    Gue juga jadi kepikiran nih untuk beli.smartphone baru. Semoga ada rezeki. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Wkwkwk. PokeStop kebanyakan emang di mesjid. Pokemon lagi itikaf.

    ReplyDelete
  9. wah, gile.. baterai 5000 aja masih kekuras padahal mainnya nggak lama ya. gue denger2 sih bahaya kalau download di android atau iphone indonesia karena di app store sama play store belum keluar, kalau download ngasal kena malware yang namanya droid jack kalau nggak salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya boros banget dah ye jev. tingkat kemalesan main pun meningkat haha

      Delete
  10. Pertama kali baca judulnya. gue langsung bingung. emang bisa main pokemon go di Asus. karna kan processor nya intel ya vin. tapi ternyata punya kamu SnapDragon hehe.

    kalau gue belum pernah main ini sih, niat buat install game ini pun kagak ada. gue ikutan ngeramein lewat kata-kata aja deh.haha

    ReplyDelete
  11. baru tadi install Pokemon Go, eh.. gak tahu serunya di mana.. udah muter muter keliling rumah gak nemu POkemon, malah dibilang orang Gila :D

    ReplyDelete
  12. Sumpah, ini game bukan buat orang2 seperti gue. Selain karena harus berjalan, juga akan memakai paket data kita sendiri. Pemborosan.

    Gue pikir, game ini cuman dimainin sambil duduk2 gitu, eh taunya harus jalan, kebanyakan orang pakai kendaraan. Game telah menguasi manusia. #EmansipasiOrangPemalas

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen nyoba main, tapi GPS di smartphone bermasalah. Sayang banget ganti handphone cuma buat game. Sedih.

    ReplyDelete
  14. emang booming banget ni game. blogger traveler main game ini gak ya. hehe

    ReplyDelete
  15. Tadinya aku tergerak banget buat install vind, apalagi karena ternyata Pokemon Go udah bisa dimainin pake ASUS Zenfone nya aku. Tapi ... berhubung belum ada versinya di playstore aku mundur lagi. Deg degan dikit gitu.

    Trus boros baterai sama kuota nya itu lho. Bikin sedih tapi kepo. Gimana dong.

    ReplyDelete
  16. Slam kenal yah Vindy...giimana Blog saya blogspot.com mau ubah jadi dot.com gitu..Trms atas pencerahannya.
    Dapat di email ke herrypalar@gmail.com

    ReplyDelete
  17. hahahah, agak sedikit terbayar nih penasaranku baca reviewmu mbak :D.. aku jg penasaran tapi males install masalahnya.. ga gitu suka main game juga sih.. apalagi kalo sampe yg blusukan nyarinya begini ;p..

    ReplyDelete

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com