REVIEW Film Keluarga Tak Kasat Mata (Based on True Story from Kaskus)

REVIEW Film Keluarga Tak Kasat Mata (Based on True Story from Kaskus)

REVIEW Keluarga Tak Kasat Mata (Based on True Story from Kaskus)

CATATAN: Tidak ada spoiler (alur cerita) di review ini. Ketika review ini ditulis, film masih diputar di Bioskop.

Aku tahu judul ini tuh ketika cerita bersambung di forum Kaskus lagi viral. Kalau nggak salah tahun lalu sih ya? Pertengahan tahun 2016. Waktu itu masih on going di episode 9. lingkar pertemananku pas itu rame-rame share ulang thread itu. Sampai tulisan ini dibuat, sudah dibagikan 15690 kali. Ya termasuk kawan-kawanku itu yang ikut nge-sahre. Haha! Dan masih terus bertambah. Coba sekarang lihat sudah berapa yang share?


Diary Misteri - Keluarga Tak Kasat Mata (Real Horor Based on True Story) Forum Kaskus

Aku bacanya malem pas itu. Yaaaa ada sensasi ikutan merinding soalnya gaya penceritaannya kadang ngajak pembaca ikut merasakan aura seremnya gitu. 

Dan ini berdasarkan kisah nyatanya si Genta di kantor lama.
Lokasinya ada, orangnya ada, yang bersaksi bangunan yang dimaksud ada. Saking penasarannya, sampai diajak diskusi di FB sama kawan tandemku yang ngikutin dari forum kaskus.

REVIEW Keluarga Tak Kasat Mata (Based on True Story from Kaskus)


Euforianya cukup tinggi saat itu. By the way, aku stop di episode 9 saat itu. Nggak nerusin lagi karena lupa ikutin update, malas, kata teman sempat agak lama updatenya di episode berapa gitu, trus lupa sama sekali. Sampai akhirnya penerbit pengen bukuin kisah viral itu. Aku sampai sekarang belum kesampaian punya bukunya. 

Tapi setelah aku selesai nonton filmnya tanggal 23 November 2017, which is jam pertama di hari pertama film ini diputar di NCS Jember, aku langsung pengen cari buku itu!

Aku nonton sendirian ambil duduk paling belakang. Tengah. Ntap! πŸ‘ Greget.

Aku juga punya kisah horor di rumahku loh. Sudah pernah baca belum?
Baca Juga [Kisah Nyata] Cara 'Penunggu' Menunjukkan Keberadaanya di Rumahku





Jump Scare

Berbeda dengan film Pengabdi Setan yang bulan lalu aku tonton. Di sana minim jump scare tapi ceritanya bagus. Nah kalau ini jumscarenya banyak banget! Hahaa... mana penampakkannya beneran bikin kaget lagi. Huaasyyeemm.... πŸ˜‚

Baca Juga Review Pengabdi Setan 2017 - Zombie Versi Indonesia

REVIEW Keluarga Tak Kasat Mata (Based on True Story from Kaskus)

Ini kenapa aku bahas pertama, karena aku pengen ngasih tahu aja ke temen-temen yang mau nonton... kalau punya jantungan mending mundur aja. Soalnya kan ini bioskop ya... bukan tivi di rumah. Jadi volumenya nggak bisa dikecilin πŸ˜‚




Ceritanya Seru!

Rasanya aku ikut dalam petualangan mereka gitu. Karena pasti ada pemeran yang bikin kocak jadi ya makin seru bawaannya. Tegang tapi gemes geregetan. Dan menurutku nggak lebay maksa. Itu menurutku sih.

Durasinya singkat. Cuma sejam setengah! Tapi rasanya tuh kaya lama bener dah di dalam sana. Aku nikmatin. Mungkin karena aku terbawa suasana kali ya?

Pas ending tuh puas sekaligus ngegantung. Ada kisah yang belum terjawab. Emang sengaja digantung.





Cerita Sedikit Berbeda

Sudah bukan hal yang aneh kalau film itu pasti nggak akan 100% sama dengan cerita pertamanya. Aku kan berhenti di episode 9 nih, dan aku juga belum baca ending ketika nonton, aku jadi banyak bertanya-tanya awalnya. 

Ini siapa nih?
Kok gini ceritanya?
Loh, kok ada hantu ini?
Hubungannya sama ini apa dong?
Loh? Loh?

Aku bingung bukan karena ceritanya yang bingungi ya. Tapi karena aku berusaha nyamain antara cerita di Kaskus dengan yang di film. Meski sebenernya 80% aku sudah lupa ceritanya gimana. πŸ˜‚ Wk!

Makanya pas sampai rumah, sebelum nulis review ini aku baca lagi screening dari episode 1-9. Semacam preview. Lalu aku niatin betul baca nomer 10-13 endingnya. Baru deh bisa bilang...

Oooh... jadi tadi itu si Ini...
Owalah, jadi karena ini dia begini...
Ternyata sosok ini tuh ternyata dia...

Buku Keluarga Tak Kasat Mata (Based on True Story from Kaskus)

Setelah itu aku juga niat dong baca resensi buku Keluarga Tak Kasat Mata. Dan kebetulan aku dapat resensi yang positif. Yang bilang katanya tatanan kalimat di buku lebih bagus dan mudah dicerna. Ya iyalah, tulisannya masuk editor. Aku jadi pengen baca buku yang katanya sih tebel bukunya nggak sampai 120 halaman.

Fix! Aku kudu punya bukunya. Apalagi aku kan emang suka penasaran dengan hal yang true story trus dibikin kisahnya. Kisah horor lagi. Aku pernah nonton film horor berdasarkan kisah nyata lainnya. Bahkan film Paranormal Activity aku sudah tuntas nonton semua nomor dan serialnya.

Baca Juga REVIEW Film DANUR - I Can See Ghosts

Baca Juga Paranormal Activity The Ghost Dimention 3D Review




Serem?

Ehm, bagi aku ini nggak serem karena mungkin aku emang nggak penakut ya. Hahaa...! Tapi bagi yang penakut dan penasaran, aku rasa ini bisa menakut-nakuti kalian. Penampakkannya itu mayan yahud πŸ‘»

Kan judulnya Tak Kasat Mata nih... nah, hantunya tuh emang dibuat ada tapi enggak ada. Nahloh. Jadi semacam transparan gitu. Jadi seru. Sesuatu yang baru menurutku. Semua hantu transparan tapi seremnya dapat.

Cuplikan Keluarga Tak Kasat Mata (Based on True Story from Kaskus)

Aku bisa bilang ini serem buat yang penakut soalnya ada beberapa bagian yang ketika aku yakin sebentarblagi bakal keluar hantunya... aku memutuskan untuk pejamin mata. Hahahaha!




Punya Pesan Tersirat

Hm, jadi kenapa kok si Genta (pemeran utama sekaligus penulis cerita asli) ini berbagi kisah ke banyak orang melalui kaskus? Sesungguhnya dia sendiri pun punya misi hidup. Dia memiliki semacam amanah dari 'mereka' yang tak kasat mata itu untuk mengatakan:

Tolong sampaikan semua ini kepada yang masih hidup, jangan sampai apa kesalahan yang sudah saya perbuat sekarang terulang lagi ke generasi selanjutnya. Cukup keluarga kami saja yang mengalami semua ini. Tidak ada kekayaan yang bisa didapat secara instan, semua butuh kerja keras. Dan bersekutu dengan jin adalah pilihan yang salah besar, bisa dilihat dari apa yang tersisa dari keluarga kami sekarang? Bahkan raga pun kami tidak memilikinya. Tolong sampikan...
Itu pesan dikutip dari tulisan dia di Forum Kaskus di episode terakhir. Ending dari perjalanan panjangnya. Sebab dialah orang yang terpilih untuk bisa masuk ke dunia mereka. Takdir yang berhubungan dengan angka 13. Sehingga dia bisa berinteraksi di alam mereka. Bahkan masuk ke tahun lampau yaitu tahun 1950 untuk membantu mereka. Iya, Genta di dunia nyata berkesempatan tamasya ke tahun itu.

Well.. siapa saja boleh percaya atau tidak...

Tapi aku percaya orang bisa masuk ke lorong waktu. Sebab tetangga nya kawan pernah masuk sebuah desa yang terlihat sangat jadul. Rupanya dia tersesat dari ronbongan yang hendak ke air terjun Tancak di Jember. Pulang-pulang badannya baret semua. Ternyata ketika dia lari sekuat tenaga dari 'dunia aneh'-nya. Dalam dunia nyata dia menebas semak belukar di hutan-hutan. Hiiii





Kurang Rapi

Cuma sayangnya nih, beberapa adegan kaya kurang halus perpindahannya. Nge-crop adegannya kasar. Misal nih, lokasi lagi di ruang tengah. Adegan kaya belum selesai, tau-tau mereka ada di gudang. Lah, kapan perjalanan ke sananya. Ganjil aja gitu. Dan itu terjadi beberapa kali. Sayang banget.

Baca Juga Review Film Chrisye - Istri yang Selalu Positif Thinking




Baca Dulu atau Nonton Dulu?

Bagi yang sudah baca kisah mentahnya di Forum Kaskus, atau sudah baca bukunya mungkin lebih afdol kalau nonton filmnya juga.

Tapi bagi yang belum nonton, lebih asyik baca dulu sih. Minimal baca di Forum Kaskus. Nggak panjang. Cuma sampai 13 episode dan per episode itu juga nggak pake panjang ber-page-page. Serunya baca di Forum Kaskus di sana adalah kadang penulisnya, si Genta, kasih beberapa playlist lagu untuk di download dan diputer sambil baca. Aku sih lebih milih enggak download lagunya haha...

Diary Misteri - Keluarga Tak Kasat Mata (Real Horor Based on True Story) Forum Kaskus

Tapi kalau menutuskan untuk nontin dulu ya monggo... lalu aku saranin baca versi aslinya di Kaskus. Karena di situ murni asli tanpa tambahan bumbu fiksi. Jadi bisa tahu bedanya.

So, kamu sudah nonton?
Sudah baca di kaskus?
Gimana menurutmu kisah ini?

Sumber Gambar: Kaskus | Show Mu Book | Lazone | Sabigaju | Dokumen Pribadi


Previous
Next Post »

31 komentar

Write komentar
Rizky Vadilla
AUTHOR
Friday, 24 November 2017 at 01:06:00 GMT+7 delete

Aku masih inget baca ceritanya di kasus, awalnya excited liat pengumuman mau dibikin film, tapi agak kecewa pas liat trailernya, editannya keliatan kurang banget, (mungkin efek pengabdi setan, jadi ekspektasiku untuk film horor indonesia agak naik).

Enaknya nonton ga ya?

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday, 24 November 2017 at 02:17:00 GMT+7 delete

Nonton aja, Vadil.. jalab ceritanya bangus kok... :)

Reply
avatar
Friday, 24 November 2017 at 09:11:00 GMT+7 delete

Mohon maaf saya ga suka horror. Saya nonton Thor: Ragnarok sama Justice League saja mbak :D Pernah nonton horror, endingnya jadi parno

Reply
avatar
Friday, 24 November 2017 at 09:19:00 GMT+7 delete

Ku pernah baca juga dan share ke Tetangga, emang asem di forum juga kwkwkwk jadi bayangin palagi nonton filmnya hahahha sama mba, saya juga senang true story :)

Reply
avatar
Friday, 24 November 2017 at 11:13:00 GMT+7 delete

dari kisah nyata? serem juga ya si mas Genta punya pengalaman begitu. Saya sih penakut mba, kalau penasaran saya cukup baca review blogger seperti ini nggak mau nonton atau baca hehe

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday, 24 November 2017 at 11:17:00 GMT+7 delete

:D aku malah belum lihat yabg kamu tulis, Yus... temanku kapan itu ajak. Tapi entah kok gak berangkat sampe ganti film...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday, 24 November 2017 at 11:18:00 GMT+7 delete

Nah berati lebih afdol kalau nonton filmnya juga :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday, 24 November 2017 at 11:18:00 GMT+7 delete

Hehe tapi review ku nggak ada jalan ceritanya loh.. hihii

Reply
avatar
Friday, 24 November 2017 at 12:30:00 GMT+7 delete

Serius ini nyata? Kirain cerita fiksi.

Reply
avatar
Lia Harahap
AUTHOR
Friday, 24 November 2017 at 14:27:00 GMT+7 delete

Ini dulu sempet rame di kantorku ngebahas ceritanya setiap minggu. Gak terasa udah difilm-in aja ya.

Reply
avatar
Fanny f nila
AUTHOR
Friday, 24 November 2017 at 22:04:00 GMT+7 delete

Masih ragu mau nonton hahahah.. Tkut ga bisa tidur. Aku penakut mba :p. Baca di kaskus dulu aja sampe tkut. Tp aku stop baca pas yg genta bisa masuk ke masa lalu itu. Hmmmm agak jd susah dipercaya hahahaha..

Reply
avatar
bara anggara
AUTHOR
Friday, 24 November 2017 at 23:06:00 GMT+7 delete

Aku baca sampai habis ceritanya di kaskus... pas lagi viral2nya itu...

menurutku agak aneh sih dengan endingnya yg ke masa lampau itu. karena jarang ada yg kaya gitu...

Kalau hantunya transparan, seolah2 kaya beneran gitu yaa..

Jadi penasaran..

-Traveler Paruh Waktu

Reply
avatar
Yudy Ananda
AUTHOR
Saturday, 25 November 2017 at 02:17:00 GMT+7 delete

wah kayaknya wajib diliat nih film, saya masukin watchlist dulu deh. trims ya reviewnya

Reply
avatar
Rahul Syarif
AUTHOR
Saturday, 25 November 2017 at 09:36:00 GMT+7 delete

Teman2 cewek lagi doyan nonton horor dan salah satu yang sering mereka sebutkan dalam rangka voting nonton bareng adalah keluarga tak kasat mata. Secara pribadi, awalnya gue ngga begitu tertarik. Lama2, makin banyak hal yang bikin aku tertarik~

Reply
avatar
Saturday, 25 November 2017 at 10:34:00 GMT+7 delete

aku pas ada thread ini dikaskus baca di kantor untungnya aku baik hati share juga ke rekan kerja emang dasar kami penakut jd setiap mu ke toilet barengan klo sendirian lgsg fantasi apa yg adadicerita muncul kocak bgt n skrg ada filmnya ga tau de berani nonton ga nya πŸ˜‚

Reply
avatar
Ublik
AUTHOR
Monday, 27 November 2017 at 08:50:00 GMT+7 delete

Nice kak, jadi penasaran pengen nonton , udah baca novel sama kaskusnya menarique kataknya heheh

Reply
avatar
Ahmad Fawaz
AUTHOR
Monday, 27 November 2017 at 11:35:00 GMT+7 delete

Cukup kecewa si sebenernya sama filem nya, karena menurutnya terlalu jauh dari cerita di kaskus nya. apalagi inti ceritanya beda banget, dan ga tersampaikan apa yg di sampaikan di kaskus.
Tapi tetep bikin jantungan nih FILM.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday, 28 November 2017 at 11:58:00 GMT+7 delete

Iya, katanya sih berdasarkan kisah nyata. :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday, 28 November 2017 at 11:59:00 GMT+7 delete

Iya, begitu ditayangin, aku nonton πŸ˜‹

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday, 28 November 2017 at 12:00:00 GMT+7 delete

Bagi sebagian orang susah dipercaya ya... aku juga percaya ga percaya. Tapi pernah ada yang seperti itu sih tetangganya kawan..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday, 28 November 2017 at 12:02:00 GMT+7 delete

Iya, terlepas itu nyata atau tidak... kisahnya lumayan bikin serem :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday, 28 November 2017 at 12:04:00 GMT+7 delete

Iya, ada yg suka dan tidak sih... kalau aku tertarik karena katanya based on true story sih :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday, 28 November 2017 at 12:06:00 GMT+7 delete

Hahaa... kebawa di dunia nyata ya...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday, 28 November 2017 at 12:07:00 GMT+7 delete

Iya, beda memang... ada yg sama sedikit2. Gak 100% sama...

Reply
avatar
Artha
AUTHOR
Tuesday, 28 November 2017 at 16:53:00 GMT+7 delete

Udah baca yg di kaskus. dulu pas jaman PDKT, di-share-in itu sama mas bos -.- gak romantis blas yah. Haha
Tapi makin lama baca kok jd aneh...akhirnya stop deh. Trus sebulan pas belum tayang filmnya, di-share-in lagi. Pas baca lagi yaaa udah gak takut lagi. Belum nonton filmnya sih.. Gak sempet. Nunggu tayang di TV ajah deh taon depan. Takut kecewa... Film horor kita kan gitu deh walau vindy bilang lumayan serem

Reply
avatar
Tuesday, 28 November 2017 at 20:47:00 GMT+7 delete

Dari kemarin pengen myaru review filmnya dan kebetulan oas blogwalking malah nyangjut disini. Hemh.. Sepertinya kalau sudah keluar versi DVDnya saya harus order lalu dikirm secara anonim ke alamat tetangga saya yg menjalankan praktek ghaib giniπŸ˜€

Reply
avatar
Thursday, 30 November 2017 at 04:04:00 GMT+7 delete

kemarin abis nonton, awalnya saaya excited banget tapi pas udah nonton. yang pertama bakal Wah ternyata dapatnya yah. Kecewa banget sumpah.

Reply
avatar
Tuesday, 5 December 2017 at 19:00:00 GMT+7 delete

35.000 melayang untuk liat film nya genta yang guwa ga paham sampe itu film selesai arahnya mau apa...akan ngapain...dan ahh...sudahlah! klo menurut guwa salah Sutradara...klo yg bikin Hollywood pasti bagus

Reply
avatar
Rifqi Banyol
AUTHOR
Thursday, 7 December 2017 at 09:18:00 GMT+7 delete

Sempat tau gue viralnya cerita tak kasat mata ini. Belum sempet baca apalagi nonton filmnya. Hehe

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon