Mengapa ASUS Zenfone 5 Baterainya Cepat Boros, Ya?

Mengapa ASUS Zenfone 5 Baterainya Cepat Boros, Ya?

Hai bloger yang smartphone-nya Zenfone 5! ^^
Lama banget nggak post blog karena setahun full sibuk skripsi. Males banget yang mau nulis lagi. Sekarang udah kerja dong. Kali ini mood-ku lagi bagus -soalnya mau gajian hihihi-

Smartphone. Identik dengan baterai boros! Bener nggak tuh? Semakin canggih smartphone, semakin ingin mengoptimalkan fungsi smartphone dengan instal aplikasi yang kita butuhkan. Bahkan aplikasi yang nggak dibutuhin pun di-instal bukan?

Pada dasarnya smartphone yang semakin canggih akan disandingkan dengan perangkat keras, system, dan perangkat lunak yang sesuai. Tentu dengan kapasitas daya baterai yang sesuai. Meski ada pula smartphone yang daya baterainya kecil dengan spesifikasi yang tinggi.

Aplikasi yang banyak bekerja di system (bisa dilihat dari RAM yang terpakai) dan juga kapasitas baterai berbanding lurus pada ketahanan baterai. Kuberi gambarannya ya...


Compare Penggunaan RAM


Seperti pada Gambar 1.  Ada dua smartphone Zenfone 5 -karena yang kubahas Zenfone, maka kuberi contoh untuk ASUS Zenfone 5 RAM 2Gb Internal 16Gb-. Sama-sama memiliki RAM 2Gb dan kapasitas baterai 2110 mAh. Yang satu rata-rata pemakaian RAM 1,5Gb dan satunya rata-rata dibawah 1Gb.

Apa perbedaannya?

Jelas berbeda, ASUS Zenfone 5 dirancang dengan prosesor yang canggih. Dengan intel di dalamnya, bahkan prosesor-nya Dual Core Hybrid, seolah-olah quadcore gitu deh. So..., kita dimanjakan dengan kelancaran kinerjanya.

Lalu?

Multitasking bekerja sangat smooth dan no lag. Saking asyiknya, kita suka lupa aplikasi banyak yang runing di system. Kapasitas 2Gb sah-sah saja kalau mau dipakai sampai 1,9Gb sekalipun. Namun, alangkah baiknya jika kita manfaatkan kapasitas besar tersebut untuk membuat space yang besar pula. 

Supaya apa?

Supaya baterai kita awet. Jadi ada bedanya tuh, RAM 512Mb, 1Gb, 1,5Gb, 2Gb, 4Gb, dst.

Diberi space besar, ya makin bebas instal banyak aplikasi, dong? Kalau nggak dipakai sia-sia dong beli smartphone space RAM besar!

Betul. Semakin besar RAM, semakin puas kita instal aplikasi dan game apa saja. Tapi nggak serakah juga kelees... ^_^ Sisakan saja rata-rata 60-70% untuk stand by. Kalau suatu ketika mau main game dan butuh RAM gede, ya silakan saja. Pakai saja space yang lega itu. Ketika selesai bermain, bersihkan recent activity atau boast RAM supaya tidak terlalu banyak yang running. Toh juga buat keawetan smartphone nya sendiri kan?

Masih belum tahu caranya Boast RAM? 
Di ASUS Zenfone 5 ada kok fitur Boast di Qiuck Setting. Atau bisa juga instal aplikasi Clean Master.

Mudah-mudahan post ini berguna ya. Bagi yang sudah tahu mohon untuk menambah ilmu di kolom komentar. Jika ada yang salah, mohon untuk dibenarkan. Bagi yang belum tahu, semoga informasi ini menambah pengetahuan baru. Dan semakin bijak menggunakan smartphone ^_^

ASUS Zenfone 5 ku bisa tahan 15 jam lebih loh satu kali charge. Jadi rata-rata 1x charge. Paling mentok 2x deh kalau gila online nggak lepas dari smartphone -biasanya weekend banyak di rumah hehe. Mau tahu?

Baca Juga Cara Supaya Baterai ASUS Zenfone 5 RAM 2Gb Internal 16Gb Awet.

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Alpha Piere
AUTHOR
Monday 11 May 2015 at 09:48:00 GMT+7 delete

tukeran yu say asus mu sama saya..hehe..he..sama2 zenfone 5 koq

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday 11 May 2015 at 20:55:00 GMT+7 delete

Nah, ngapain tuker kalau samaan :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Wednesday 17 June 2015 at 07:07:00 GMT+7 delete

Tfs ya.. Jadi tau nih cara hemat batre
Utk boost nya kalo pake avg cleaner itu juga bisakah ? Boost sama bersihin cache itu sama ga ya ? *awam
*ga pake zenfone sih

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Thursday 18 June 2015 at 13:38:00 GMT+7 delete

Boost dan bersihin chache di Clean Master setahuku sama aja fungsinya. :)
Sama0sama Rizqa.. ^^

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon