Hati yang Terluka dari Seorang Pecinta Kucing - [Review] novel Lovecats by Gianti Pradipta

Hati yang Terluka dari Seorang Pecinta Kucing - [Review] novel Lovecats by Gianti Pradipta

Hai blogiest!
Sebutkan hewan yang temen-temen sukai? Atau yang pernah temen-temen pelihara. Pertanyaannya, apakah temen-temen memeliharanya dengan penuh kasih sayang, ikhlas, dan penuh tanggung jawab?

Kalau pertanyaan itu ditujukan padaku, aku akan menjawab:

Puciy, kucingku yang macho.

KUCING!
Tapi aku juga pernah memelihara monyet, musang, tikus putih, hamster, dan kelinci. Eh, kecoa, semut dan cicak termasuk nggak sih? Hehe..., abisnya aku nggak ngerasa melihara mereka, tapi mereka suka dateng, sih. ^^ Kalau bisa juga, aku pengen melihara anjing dan harimau. 

Dari semua hewan, aku lebih suka kucing. Bukti kecintaanku adalah kealayanku dalam membuat identitas blog dan email, dulunya nama blogku phiendpuz. Tapi sekarang udah berubah domainnya. Hihihi... Akhirnya berubah juga jadi www.vindyputri.com.

Apapun yang berhubungan dengan kucing, aku suka. Suara kucing dari jauh aja aku peka. Bahkan suka kusahutin, "Miiawww," entah translate dalam bahasa mereka itu apa. Yang pasti ketika kadang menyahut, kadang juga nggak. Juga pernah diulas oleh Haris Firmansyah di Ngobrol-Ngobrol Ngondeknya, yang berjudul Vindy Putri: "Merawat Kucing Seperti Anak Sendiri".

Aku nggak permasalahkan orang yang biasa aja sama hewan kesayangan Nabi ini, tapi aku akan sakit hati jika ada yang suka menghina hewan imut ini. Baik menghina dari ucapan maupun perbuatan. 

Aku nggak pernah membeda-bedakan kucing kampung atau kucing ras. Semua bagiku sama. Sama lucunya. Tapi aku lebih suka melihara kucing kampung alias kucing domestik. Alasannya lain kali kubahas tentang hewan peliharaanku.

Sakit hati! Ketika denger, baca, atau lihat penghinaan, banding-bandingin antara kucing kampung dan ras. Salah satunya sakit hati baca novel Lovecats ini. Rasanya seperti disayat-sayat sembilu.


Pecinta kucing seperti aku bakalan kebakaran jenggot baca beginian!

Aku beli novel ini karena tertarik dengan covernya yang unyu. Kucing yang lagi mulet perenggangan otot. Blurp-nya juga lumayan menarik. Meski aku bisa nebak, ini pasti cewek yang lagi jatuh cinta dan kriteria cowok yang harus suka kucing.

Novel Lovecats karya Gianti Pradipta
---
Percaya enggak kalau kucing bisa mendatangkan jodoh buat lo? Gue, sih, percaya 1000%. Ini sangat berlaku buat Pelangi, kucing Persia gue yang centil. I love you so much Pelangikuuuu :*
-- Kinar

Dasar Kinar bego, gimana bisa dia nggak lihat usaha gue yang udah segini-gininya? Meskipun bego, tapi gue udah terlanjur jatuh cinta sama elo, Kinar. jadi gue harus gimana? Jadi kucing biar bisa disayang sama lo tiap hari gitu? -___-
-- Bindra

Jangan percaya 100% dengan cowok, tapi kalau sama gue, lo boleh percayakan apa pun.
-- Ringgo

"Sebaik-baiknya cowok di dunia adalah yang sayang 
sama kucing, terutama kucing gue!"
---

Buku ini diterbitin oleh Penerbit Bentang Belia, nama penulisnya Gianti Pradipta. Buku ini bagus, sarat makna meski bikin jengkel aku sebagai pecinta kucing. Banyak banget intimidasi, bahwa kucing kampung itu buruk! Dan kucing ras itu segala-galanya.

Yang katanya kucing kampung gak bisa diajarin pipis yang bener, suka acak-acakin tisue bikin kotor, suka ngompol di mana-mana, eh ini udah ya? Apalagi ya, suka naik-naik ke tempat yang bahaya, kutuan juga! Ih... kan aku sakit hati T_T

Kalau melek, kucing yang di atas tuh, kucingku. Dia dari hari pertama, mau buang air besar nyari kamar mandi! Pipis di dekat lubang air. Sampai sakit dan ajal mau renggut nyawa dia, dia masih berusaha tertatih-tatih untuk buang air di dekat lubang air kamar mandi. :'( 

Ini baru baca beberapa halaman aja udah sebel. Pengen nggak nerusin. Tapi sayang juga kalau beli buku kucing tanpa tahu isinya. Akhirnya dibetah-betahin. Bukan dari kisah ceritanya, tapi dari perlakuan penulis terhadap kucing domestik.

Kisahnya?
Kisahnya berawal dari dua sahabat, Kinar dan Bindra, menyelamatkan kucing yang terperangkap di atas atap rumah Kinar. Kinar sendiri sebenernya udah punya kucing persia. Warna kuning keemasan. Begitu kucingnya berhasil ditangkap, Kinar jadi punya dua kucing. Kucing ras dan domestik. Dari situlah intimidasi dan rasa sakitku muncul.

Bindra sahabat sekaligus tetangga seberang rumahnya ini suka sama Kinar. Tapi Kinarnya menganggap mereka hanya sebatas sahabat. Lagian juga Bindra nggak begitu suka kucing. Sampai akhirnya Kinar bertemu dengan penjaga kasir pet shop. Dan ternyata penjaga kasir itu adalah pemilik pet shop itu sendiri. Orang kaya kelas mujaer! Kaya pake banget, perusahaan di mana-mana. Melihara kucing belasan yang bersertifikat. Namanya Ringgo.

Terkesan mainstream ya? Namun buku ini ternyata menyajikan konflik yang tidak biasa. Si Ringgo ini mendekati Kinar karena ada maunya. Kukira memang suka dan jatuh cinta karena apa adanya, ternyata ada apanya. Dengan kejam, Ringgo menculik Pelangi, kucing Kinar, yang juga kucing persia bersertifikat berkualitas tinggi, Dia menculik dengan alasan ilang. Padahal disembunyiiin dan dikawinkan dengan kucingnya. Tapi si Ringgonya menghilang sekitar 3 bulan. Selama itu pula Pelangi hamil tanpa diketahui Kinar.

Ringgo hilang, kucing kesayangannya juga hilang, Kinar sedih, di sinilah sosok sahabat yang menyukainya itu berperan penuh. Ia mencoba untuk mengambil hati Kinar dengan membantu mencari. Bikin selebaran hingga dia membeli kucing anakan yang mirip dengan Pelangi. Perjuangannya juga harus jadi budak untuk menebus kekurangan beli kucing yang mahalnya bisa beli hape baru. 

Hingga akhirnya tabir kebusukan Ringgo terungkap. Kucing kembali, heppy ending. Yang kusuka endingnya gantung tapi nggak ngeselin. 

Mau tahu kan? Baca aja deh kisah lengkapnya. ^^
Ohya, ada lagi yang kusuka, setelah dibikin sakit hati, penulisnya memberi obat sakit hatinya. Di bagian belakang-belakang penulis menuturkan bahwa saat dia sendiri, kucing kampung peliharaannya itu yang menemani hari-harinya, dan bertingkah lucu. Sambil diutarakan bahwa Kinar juga menyayangi kucing domestik itu. Lega....

Overall,
Bagiku penulis yang bernama Gianti Pradipta ini pinter. Pinter mengobrak-abrik perasaan pembaca terutama hati pecinta kucing yang sensitif seperti aku. Waks. Kisahnya nggak mainstream meski mudah ketebak, tapi dia berhasil membelokkan prediksi pembaca.

Good! 
Sebentar lagi aku mau pinjam buku temen tentang kucing, judulnya Dewey karya Vicky Myron dan Bret Witter. Tapi kayanya ngelarin novelnya Aa' Pacar dulu. Belum kelar-kelar soalnya. Kebanyakan ngegalau karena LDR-an, macam Beby aja. Waks.

Dewey by Vicky Myron dan Bret Witter.

Dan kayanya aku bakal ketagihan baca novel tentang kucing. Kalau konik kucing, nggak perlu ditanya. Banyak juga, hehehe.. lain kali akan ku-review.

Aku cium kucingku,


Previous
Next Post »

38 komentar

Write komentar
Friday 15 May 2015 at 15:06:00 GMT+7 delete

Jadi begitu cerita novelnya. Untunglah, gak sampai ending bikin kamu keselnya. :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 15:14:00 GMT+7 delete

Eh potonya ganti, ya? ^^
Iyes..., begitu kiranya kisah cinta yang didukung kucing imut. Hehe...
Ya untungnya nggak bikin kesel berkepanjangan...

Reply
avatar
RIAZ
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 15:39:00 GMT+7 delete

Hewan kesukaan aku ya kucing... walaupun kadang nyebelin tpi ya lucu kalo masih imut-imutnya... sayangnya di rumah gak boleh piara kucing
Boleh dicari ni bukunya :)

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 15:42:00 GMT+7 delete

:D iya..., lucu. Bisa diajak interaksi. Dan nggak kalah setia seperti anjing. Aku juga suka kucing pas lagi kecil masih bayiiii... :3

Reply
avatar
Zeipth
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 16:02:00 GMT+7 delete

Aku juga pecinta kucing...Lucu-lucu soalnya.
Tapi susah banget diurus karena masih kecil, suka sembarangan juga kalau buang kotoran. Padahal dulu cukup mudah waktu ngajari kucing sebelumnya ke kamar mandi kalau mau poops.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 16:13:00 GMT+7 delete

Yang kaya begitu harus diajarin dulu. Meski kucing persia pun kalau nggak ngerti juga pasti bakal sembarangan. Tapi yang jelas kenalin ama tanah. Naluri mereka cari tanah untuk buang air.

Reply
avatar
Salaminzaghi
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 16:49:00 GMT+7 delete

buku yang sangat membantu untuk para pecinta kucing, btw gue juga suka kucing :))

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 17:02:00 GMT+7 delete

waahhh keluarga saya juga suka sama kucing...
di rumah ada dua ekor kucing turunan anggora-jawa...
dan yaa mereka berdua ini lumayan pinter... kalau mau BAB selalu lari keluar dulu...
tapi sekarang lagi nyebelin... mungkin karena udah pada gede dan pada ngebet kawin jadi lagi suka ngaong-ngaong sambil pipis sembarangan... -_-

iihhh itu novelnya kayaknya seru...
jadi ngingetin sama cerita Garfield yang diculik-culik sama pecinta kucing lain buat dimanfaatin...
nanti kalau ada waktu ke tobuk ngintipin ah... kali aja tertarik buat beli... :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 17:55:00 GMT+7 delete

Kalau yang ngaong-ngaong sambil pipis sembarangan itu namanya, spraying. Itu dilakukan oleh kucing jantan. Dia itu memberi tanda di sudut-sudut ruangan. Ngaong-ngaong juga itu dia manggil pacarnya hihihi....
Nah.., kucing itu pasti akan ke tanah kalau pup/pipis... meski dia bisa di kamar mandi, mereka akan tetap cari pasir. Dia bakal sembarangan kalau kita nggak ngenalin mereka pasir...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 17:55:00 GMT+7 delete

Ohya? Nambah temen pecinta kucing :3

Reply
avatar
Jefferson L
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 19:09:00 GMT+7 delete

wahahahahaha.
entah kenapa, gue justru nggak suka kucing.
soalnya mereka kalau nyebrang jalan main lari aja :")
gue udah 2 kali ketabrak kucing pake motor gara2 merek langsung lari dari ujung ke ujung. untungnya, kedua kucig iu masih selamat. dan justru gue yang hampir nggak selamat....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 20:34:00 GMT+7 delete

gilak sampe ada grup fb pecinta kucing domestik juga :v

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 20:51:00 GMT+7 delete

Hm.., berarti yang nggak hati-hati kucingnya ya :D Iya kucing emang suka semena-mena, tapi sebenernya juga kucingnya udah waspada dari jauh. telinganya dah nanghkep radius jauh.
Nah, perkara ketabrak, itu udah takdir kucingnya hehehe... dia galau. pengen bunuh diri... Hiks...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 20:52:00 GMT+7 delete

Beuh.., ini group besar..., Dibahas seputar kucing, solusi, sumbangan dana, bahkan hibah-menghibahkan benda kucing juga bisa. Semuanya sukarela. Nggak ada jual beli.
Kucingku pernah pas sakit, dibantuin sama mereka :') Mereka baik-baik...

Reply
avatar
Aldo Rahmat
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 21:22:00 GMT+7 delete

Sama nih, aku juga suka kucing... btw kayaknya keren nih novelnya... hehe... jd pengen beli...

Reply
avatar
Iilajah
AUTHOR
Friday 15 May 2015 at 21:49:00 GMT+7 delete

eh, ada grup pencinta kucing, baru tau, tar ah mau ngintip,,
kalau soal perbedaan perlakuan ras kucing itu aku juga suka sebel, kaya nganggep kucing domestik itu rendah pisan, pernah kejadian waktu SMA bawa kucing dari sekolah pake kardus gitu, pas di bis ada yang nanya "kucing apa?" terus reaksinya pas tau kucing kampung jawabnya "oooh,, kucing kampung" mana jawabnya males-malesan gitu, duh..rasanya nyess gitu.
aku juga suka baca novel, bolehlah masuk list buat tar beli, sesama pencinta kucing harus saling mendukung :D

Reply
avatar
Galuh Maher
AUTHOR
Saturday 16 May 2015 at 12:37:00 GMT+7 delete

Wah, keren nih ngomongin kucing. Lebih keren lagi kalo di buku itu nyeritain kucing playboy. (itu kan fabel). Ya gitulah pokoknya. Biar keren, kayak logo blog gue :D
Tapi ngelihat dari gambar yang diposting, kenapa ya kucing kampung dianggap rendahan ?? Padahal kalo kucing kampung, mereka gak kehilangan harga diri sebagai kucing. Maksud gue, kucing kampung kan masih suka tarung rebutan betina, ngejar tikus buat dimakan. Lhah kucing kalo kucing anggora / persia ? jadi mirip boneka. sukanya males-malesan..

Reply
avatar
Rudi
AUTHOR
Saturday 16 May 2015 at 12:39:00 GMT+7 delete

hewan yang lucu n gemesin ini emang terkadang bikin kesel, tapi dengan tingkahnya yg lucu itu tadi gue jadi seneng ama kucing..
emang q ngak melihara kucing tapi d rumah gue ada satu kucing domestik yg tiap malem slalu tidur d rumah, anehnya kucing ini kalo ada orang jalan pasti slalu di ikuti lalu berguling2 di depannya.. trkadang kesel tapi karna lucu jadi suka ama kucing itu..

Reply
avatar
Rudi
AUTHOR
Saturday 16 May 2015 at 12:41:00 GMT+7 delete

hewan yang lucu n gemesin ini emang terkadang bikin kesel, tapi dengan tingkahnya yg lucu itu tadi gue jadi seneng ama kucing..
emang q ngak melihara kucing tapi d rumah gue ada satu kucing domestik yg tiap malem slalu tidur d rumah, anehnya kucing ini kalo ada orang jalan pasti slalu di ikuti lalu berguling2 di depannya.. trkadang kesel tapi karna lucu jadi suka ama kucing itu..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 May 2015 at 13:07:00 GMT+7 delete

Dia ikutin sambil gulung-gulung tandanya dia ingin dielus-elus, Rudhie. Dia pengen diperhatiin....

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 May 2015 at 13:08:00 GMT+7 delete

Setuju hihihi.. kucing kampung lebih macho dan aktif. Dia bisa melindungi majikannya. Tandanya dia bisa nangkap serangga, tikus, dan jadi alarm kalau-kalau ada kucing lain masuk. Hihihi...

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 May 2015 at 13:09:00 GMT+7 delete

sudah dibalas ya, di atas. :D Dobel.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 May 2015 at 13:17:00 GMT+7 delete

Iya, coba baca novelnya, deh. Suka kucing pasti pengen baca yang berhubungan dengan kucing ya.. hehehe

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 16 May 2015 at 13:19:00 GMT+7 delete

Iya, Klik di sini aja kalau mau gabung. ^^ Perkumpulan Kucing Domestik Indonesia (PKDI)
Iya, sebel ya, kalau pake dibanding-bandingin. Sakit hati!

Reply
avatar
Sunday 17 May 2015 at 06:59:00 GMT+7 delete

Wah, ini pecinta kucing garis keras nih kayaknya, juga penggiat anti intimadasi kucing kampung terhadap kucing ras ya, salut-salut mba.

Dari reviewnya, ini konfliknya semua gegara kucing ya, Ringgo pengen sama Kinar dengan cara yang kejam, bahkan sampai membuat kucingnya menghamili kucing Kinar, Pelangi, jadi Pelangi diperkosa di sini ._., jadi penasaran seberapa besar perjuangan Bindra buat Kinar, apalagi yang dia jadi budak, budak apa sih itu, bikin penasaran

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday 17 May 2015 at 19:42:00 GMT+7 delete

Hahaha.., bahasa kamu lucu banget sih. Diperkosa XD
Beuuuh.., sampe akunya nangis karena tersenyuh. Hujan-hujan gendong anak kucing. :'( Bindra cowok yang tulus. Deuuh.., idaman banget dah!

Reply
avatar
Beby
AUTHOR
Monday 18 May 2015 at 07:52:00 GMT+7 delete

Yoi.. Yang penting kucing kita harus rajin disuntik tokso, rabies, sama apa ya satu lagi aku lupa namanya.. Wkwkwk.. Tiap enam bulan sekali mesti ngeluarin 350 ribu.. Tekor jugak ya, Vin.. :P

Cieeeee uda ganti domain.. :D Belik domainnya di mana?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Monday 18 May 2015 at 08:55:00 GMT+7 delete

Wah, mba kita samaan....... aku sayang banget sama kucing aku, walaupun kucing kampung dia gag kalah lucu sama kucing-kucing anggora atau persia. kucingku juga warnanya hitam putih, suka garuk-garuk kuku di sofa, suka tidur di sofa atau atas meja, kadangkala tidur bareng saya. ngrusinnya juga gag ribet, gag pilih makanan. pokoknya sayang banget mba, pas baca percakapan di PKDI itu bikin sakit hati. kalau menurut saya, kucing kampung lebih memiliki kontak batin yang kuat sm majikannya. ini yang aku rasain.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday 18 May 2015 at 20:33:00 GMT+7 delete

Nahh..., betul.
Nggak.., gak sampe segitu koook... Beli domainnya di qwords.com, Beb..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday 18 May 2015 at 20:33:00 GMT+7 delete

Iya..., Aku setuju sama kamu, Trian. :)
Hewan apapun, kalau disayang tulus itu bakalan sehati sama kita..

Reply
avatar
Beby
AUTHOR
Tuesday 19 May 2015 at 05:41:00 GMT+7 delete

Dan aku baru nyadar ada nama ku disebut.. -_- Kenapa ngebahas LDR sik -_- Nah kan jadi baper lagih :'

Dokter ku ngasih invoice segitu. Kamvredh -_-

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Tuesday 19 May 2015 at 09:12:00 GMT+7 delete

Ya, beda tempat pasti beda dong.. :D
Hahaha..., iya, kenapa ya aku nyebut namamu. Wkwkwk.., kita samaan sih LDR-an-nya...

Reply
avatar
Zeipth
AUTHOR
Wednesday 20 May 2015 at 16:38:00 GMT+7 delete

entah kenapa susah ngajarinnya sekarang.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Wednesday 20 May 2015 at 19:51:00 GMT+7 delete

berarti belum sepenuh hati.., dicoba lagi yaa.. :)

Reply
avatar
Beby
AUTHOR
Monday 25 May 2015 at 05:21:00 GMT+7 delete

Semoga suatu saat nanti disegerakan hidup satu kota dan satu rumahnya yaaaa.. Aamiiiin.. :'D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Monday 25 May 2015 at 20:40:00 GMT+7 delete

Doamu dari hati, ya, Beb? :') Amin... *Aminku juga dari hati banget ini... wkwkw

Reply
avatar
Nama Kucing
AUTHOR
Monday 11 June 2018 at 19:27:00 GMT+7 delete

saya juga suka kucing bahkan dirumah ada pelihara 4 kucing...
makin banyak jumlahnya, cepet sekali kucingnya punya anak...

Reply
avatar
Mimpi Kucing
AUTHOR
Sunday 24 June 2018 at 20:22:00 GMT+7 delete

kenapa ya banyak yang ngeremehin kucing kampung, padahal meraka sama2 kucing. Pantesnya kita harus bangga dengan kucing kampung, alis kucing lokal dari negara asal kita.

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon