Bersihin Kamar Tidur, Yuk!

Bersihin Kamar Tidur, Yuk!

Bersihin Kamar Tidur, Yuk!

Bersihin seluruh bagian rumah emang harus dilakuin secara berkala. Terutama kamar tidur. Kamar tidur adalah bagian penting di rumah dan wajib selalu bersih supaya selalu merasa nyaman. Harusnya sih dibersihin setiap hari. Karena setiap hari itu pula kita keluar masuk.

Aku termasuk yang angin-anginan untuk bersihin kamar. Kalau lagi niat bakal kinclong, rapi, dan kamar terang rasanya. Bagi yang males banget mungkin bisa coba sewa jasa cleaning service rumah. Tapi yang paling penting adalah ngilangin kebiasaan buruk numpuk barang atau naruh/ngelempar barang sembarangan.

Siapa yang gini? Cuung!
Meski di kamar sendiri... 

Padahal kebiasaan menumpuk barang dan nyimpen barang yang pada tempatnya itu bisa jadi sarang perkembang bakan kuman dan bakteri. Biar pas tidur tuh nyaman, nggak gatal karena semut atau nyamuk.


πŸ”Ž Pilih dan Pilah
Coba lihat kamar. Mana yang numpuk barang banyak banget? Baju tumpukan di gantungan. Barang berantakan banget di sudut meja. Banyak printilan barang berjatuhan di lantai dan berserakan di mana-mana. Coba sekarang dipegang dan dipikir:

Ini masih bisa dipakai atau buang?

Bersihin Kamar Tidur, Yuk!




πŸ”Ž Siapkan Alat Bersih
Siapin alat-alat khusus untuk ngebersihin kamar seperti:
✔ Sapu
✔ Pel
✔ Vacuum cleaner
✔ Lap/kain bersih. 





πŸ”Ž Apa yang Dibersihkan?
Sapu seluruh bagian dikamar kita. Kalau capek dan kalau punya, bersihin debu atau kotoran di tempat terkecil sekalipun pakai vacuum cleaner.

Jangan lupa untuk bersihin meja rias atau kolong kasur karena tempat yang nggak terlihat bisa jadi tempat berkumpulnya penyakit.

Jendela atau cermin di kamar juga jangan dilewatkan. Bersihin jendela atau cermin pakai lap atau kain bersih. Jangan lupa lapnya pakai cairan khusus pembersih kaca.

Vacuum Cleaner

Jangan lupa pel lantai dengan cairan khusus pembersih lantai. Tipsnya adalah jangan terlalu basah soalnya malah bikin nggak efektif. Malah jadi tambah kotor dan membuat waktu pengeringan menjadi semakin lama. 

Ini sepele tapi penting. Selalu rutin ganti sarung bantal guling atau sprei. Soalnya bisa jadi tempat berkumpulnya tungau atau kutu kasur yang bisa membahayakan kesehatan kita. Disarankan sih ganti sarung bantal minimal 2 minggu sekali. Sanggup?




πŸ”Ž Sering Gatal-Gatal?
Bisa jadi di kasur ada tungaunya. Tungau adalah hewan yang bisa nyebabin infeksi gatal gatal pada kulit. Biasanya hewan ini tinggal ditempat yang lembab dan kotor atau jarang dibersihkan. Hiiyy... Jemur juga bantal dan guling yang kita pakai secara berkala. Kebas dengan penebah/sapu lidi.

Selimut dan karpet juga jangan lupa secara berkala dicuci. Soalnya tungau bisa pindah ke situ juga loh. Bisa dicuci atau di-vacum atau bawa aja ke tempat pembersihan khusus cuci karpet supaya nggak capek. 

So, coba lihat kamar kita...
Sudah waktunya dibersihkan, belum?

Sumber Gambar Freepik

Previous
Next Post »

30 komentar

Write komentar
Anisa AE
AUTHOR
Tuesday, 13 March 2018 at 11:09:00 GMT+7 delete

Ganti sprei dan sarung bantal seminggu sekali yaa, supaya nggak bau juga sih haha.

Reply
avatar
Dewi Elsawati
AUTHOR
Tuesday, 13 March 2018 at 11:09:00 GMT+7 delete

Kalau aku sih kasur harus selalu dijemur pas ada panas biar gak ada tungau-tungau bersarang. Apalagi punya anak kecil kadang masih kena ompol hehe

Reply
avatar
Amanda Ratih
AUTHOR
Tuesday, 13 March 2018 at 17:20:00 GMT+7 delete

Dulu waktu tinggal di Ambon, aku bersihin debu2 di kamar 2 minggu sekali, ganti seprei 3 minggu sekali udah nggak betah huhuhu abis gimana Ambon susah air Vin, jd ngalah nggak sering2 ganti seprei, krn biaya londri bisa bengkak T_T..
Nah sekarang pindah ke Bekasi puas2in ganti seprei, 2 minggu sekali udah ganti, soalnya anakku kadang suka main langsung injek kasur, kan gatel

Reply
avatar
Tuesday, 13 March 2018 at 19:10:00 GMT+7 delete

kalo di rumah bumer skr, kasurnya masih kapuk kaya jaman dulu mbak, jadi emang kudu ati2 biar ga ada tungau dan sebangsanya, So utk skr minimal seminggu dua kali kudu dijemur, dipukul-pukul terus disedot sama vacuum.. pekerjaan melelahkan hahaha.tapi biar aman dari tungau sih.. :D

Reply
avatar
Cara Edit
AUTHOR
Thursday, 15 March 2018 at 08:49:00 GMT+7 delete

untung ku rajin bersih" jadi ginian sih hal biasa hehe

Reply
avatar
Thursday, 15 March 2018 at 13:43:00 GMT+7 delete


Typo tuh mbaak
Perkembang bakan -- perkembangbiakan

Aku rajin bersihin kamar tidur kok mbak, soalnya kan tidur harus nyaman~~

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday, 18 March 2018 at 18:01:00 GMT+7 delete

Iya.. tul.. Tapi belum bisa seminggu sekali nih aku. Pantas gatal-gatal.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday, 18 March 2018 at 18:01:00 GMT+7 delete

Iya, jemur ini juga penting ya mbak. Menghindari bau juga.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday, 18 March 2018 at 18:02:00 GMT+7 delete

Iya, aku juga belum bisa seminggu sekali. Dan kalau aku seringnya kucing naik kasur. Kadang banyak pasir juga. Kudu sering dikebasi spreinya.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday, 18 March 2018 at 18:14:00 GMT+7 delete

Angkat-angkatnya yang bikin malas tapi hahaha.... vacuum kayanya kudu punya sih meski ukurannya kecil. Berguna buat nyedot cepitan ya..

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday, 18 March 2018 at 18:15:00 GMT+7 delete

Enaknya.. aku masih tergantung mood hahaha

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Sunday, 18 March 2018 at 18:16:00 GMT+7 delete

Hahahai.. muucih ya rooos.. segera kuperbaiki..

Reply
avatar
farida
AUTHOR
Sunday, 18 March 2018 at 21:40:00 GMT+7 delete

Hiyaaa.. Bikin jd kepikiran nih sama kondisi kamarπŸ˜‚

Reply
avatar
Monday, 19 March 2018 at 04:25:00 GMT+7 delete

Wah bagian pilah pilah yang paling susah, kebanyakan nostalgianya terus capek deh hihi

Reply
avatar
Rafif Amir
AUTHOR
Monday, 19 March 2018 at 08:04:00 GMT+7 delete

Kadang bingung pilah-pilihnya. Atau kadang sudah ditaruh di tempat yang sesuai, gak berapa lama balik lagi berantakan di dalam kamar. Hehe

Reply
avatar
Ya rioz
AUTHOR
Monday, 19 March 2018 at 09:18:00 GMT+7 delete

aku bersihin kamar klo udh berantakan bgt jdi pas udh bersih lebih terasa spesialnya "waaah bersih"

Reply
avatar
Gigip Andreas
AUTHOR
Monday, 19 March 2018 at 23:59:00 GMT+7 delete

"Tapi yang paling penting adalah ngilangin kebiasaan buruk numpuk barang atau naruh/ngelempar barang sembarangan."

Orang lain baca ini dijadiin panduan atau referensi, gue kok malah berasa disindir ya. Ahahaha. Apalagi suka nyimpen bungkus teh gelas sama keripik setan di meja komputer. Celacah rokok juga. Ini sih yang paling gawat.

Tapi tapi tapi, yang paling males itu kalau temen main ke rumah dan dia naik ke kasur (temen ya bukan pacar) terus kakinya nggak dikepruk-kepruk dulu.

Pertanyaannya: "Ganti seprai kasur yang disarankan berapa hari sekali? Ku biasanya dua minggu sekali. Ini termasuk jorok nggak sih?" HAHAHAHA

Reply
avatar
Tuesday, 20 March 2018 at 08:10:00 GMT+7 delete

Aku dari kapan pingin vacuum tungau itu belum jadi-jadi, baca ini jadi inget lagi.. :D

Reply
avatar
Hans
AUTHOR
Tuesday, 20 March 2018 at 22:14:00 GMT+7 delete

Kok jadi malu ya kalo baca postingan ini. Hehe.
Soalnya jarang banget bersihin kamar sendiri karena biasanya orang rumah yang bersihin.
Pernah sih coba bersihin, tapi tetep aja berantakan πŸ˜‚πŸ˜‚

Reply
avatar
sari widiarti
AUTHOR
Wednesday, 21 March 2018 at 17:01:00 GMT+7 delete

beberapa kali bersih - bersih kamar, tetep aja banyak barang yang entah mau disimpan di malan lagi :D

Reply
avatar
Emka
AUTHOR
Thursday, 22 March 2018 at 14:17:00 GMT+7 delete

Paling males kok ya ngebersihin karpet. Udah ada vacuum cleaner, ttp aja jarang dipake..hehe

Reply
avatar
khairul Leon
AUTHOR
Thursday, 22 March 2018 at 22:36:00 GMT+7 delete

Aku pernah tuh dulu gara-gara ga bersihin kamar.
Badanku jadi gatel-gatel.
Apalagi kalau duduk duduk di karpet, pasti gatelnya makin menjadi jadi

Reply
avatar
Friday, 23 March 2018 at 02:09:00 GMT+7 delete

Aku nih masuk yang angin-anginan juga kalo soal beresin kamar. Kalo mata belom risih liat tumpukan barang-barang mah anteng aja wkwk. ternyata harusnya justru lebih sering bersihinnya ya kak?

Reply
avatar
Friday, 23 March 2018 at 11:50:00 GMT+7 delete

Sprei sama selimut udah rutin diganti sih .. Yang paling penting pewangi harus selalu ada stok biar tambah nyaman ~

Reply
avatar
Saturday, 24 March 2018 at 07:00:00 GMT+7 delete

Waaa aku paling males bersihin kamar wkwk. Sprei gantinya seingetnya, tapi tiap hari diseblakin sih. Dan habis baca ini aku jd takut sama tungau, hix hix

Reply
avatar
Mayuf
AUTHOR
Sunday, 25 March 2018 at 12:08:00 GMT+7 delete

Saya paling tidak pernah bersihin kamar mandi, hehe
Karna yang sering bersih"kan cewe :D

Reply
avatar
Ainun
AUTHOR
Saturday, 31 March 2018 at 01:05:00 GMT+7 delete

Kamarku menurut aku masuk kriteria berantakan, udah dibersihin rapi, beberapa hari lg balik lg. Gitu terus
Btw, kita sama sama dr jember, cuma blm meet up aja ini yg kurang, yg acara di greenhill mbak rhos ngajakin, cuman akunya lagi berhalangan hadir. Sayang sekali

Reply
avatar
Tian lustiana
AUTHOR
Saturday, 31 March 2018 at 11:06:00 GMT+7 delete

Saya mah suka males beberes wkwwk, niat pengen bersih2 pas libur males - malesan haha

Reply
avatar
Sunday, 1 April 2018 at 09:19:00 GMT+7 delete

waduh kalo kasurnya ada tungaunya bahaya tuh hha

Reply
avatar
himawan sant
AUTHOR
Thursday, 5 April 2018 at 21:12:00 GMT+7 delete

Kebetulan aku suka bersihin dan ngerapiin kamarku.
Kamar tidur harus rapi jali sebelum kutinggal pergi beraktivitas ..., pulang aktivitas rasanya seneng aja ngelihat kamar rapi.

Sudut2 kamar kukasi serbuk kopi yang diwadahin kemasan kosong, biar kamar ngga apek.

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon