Yang Bikin Cepet Cerahkan Wajah

Yang Bikin Cepet Cerahkan Wajah


Kulit cantik tuh nggak selalu warna putih, ya kan? Yang penting sehat. Selain itu, supaya enak dipandang memang kulit yang terlihat cerah. Dan itu diidam-idamkan banget oleh banyak orang. Cerah ya, bukan putih. Indonesia ini selain negara dengan iklim tropis juga polusi kerasa banget bikin nggak nyaman dan ujung-ujungnya bikin kulit kusam trus kotor.

Apalagi orang Indonesia rata-rata punya masalah mudah berjerawat karena tipe kulit wajahnya berminyak. Duh, PR banget! Soalnya kulit berminyak seperti aku nih pori-pori yang terbuka jadi ketutup sama polusi dan kotoran. Jadi komedoan trus jerawatan deh!

Menjadikan kulit lebih cerah emang nggak bisa didapat secara instan dengan seketika, sih. Tapi sebenernya ya nggak pakai waktu lama juga. Dengan perawatan yang tepat, dalam waktu seminggu aja kulit bisa loh terlihat lebih cerah dibanding sebelumnya. Gimana caranya?


Penggunaan Peel off Mask

Salah satu peel off mask yang populer di pasaran itu merk Naturgo. Pasti udah pada tau kan ya? Harga Masker Naturgo ini murah banget. Per pack-nya hanya 20 ribuan. Sebenernya masih banyak juga merk lain. Manfaat masker peel off ini bisa banget membuat kulit lebih cerah. Soalnya dia bisa ikut ngangkat komedo baik yang black/whitehead. Kotoran-kotoran yang tersumbat di pori-pori bisa banget keangkat. Kunci kulit bersih memang ini sih menurutku. 

Cara pakai Masker peel off gampang buanget!

Hanya dioleskan pada wajah lalu ditunggu hinga kering. Boleh seluruh wajah, boleh bagian-bagian yang banyak komedonya aja. Bebas! Sesuka hatimu. Aku sih biasanya hanya pake di hidung, pipi, dagu dan dahi aja. Daerah itu pasti banyak komedonya. Nah, aku share rahasiaku ya biar makin berhasil. 



Aku pakein: BAKING SODA sebelum pakai ini. Dijamin deh! Komedo makin banyak yang keangkat!


Caranya:
- Campurkan baking soda satu sendok teh dengan air sedikit sampai membentuk pasta.
- Usapkan pada area yang ingin dipakaikan masker.
- Tunggu sekitar 15-30 detik. Atau sampai ngerasa gatal. Jangan lama-lama ya...
- Bilas dengan air bersih.
- Keringkan wajah.
- Oleskan Peel off Mask-nya.


Masker yang udah kering akan membentuk lapisan pada kulit, trus jadi bisa ditarik deh! Ketika masker ditarik dari wajah, kotoran-kotoran yang ada di wajah ikut keangkat dan kulit terlihat lebih cerah. 



Exfoliate

Kulit yang terlihat kusam seringkali disebabkan karena tumpukan kulit mati yang nggak keangkat dari permukaan kulit. Jadi perlu adanya exfoliation atau pengangkatan sel-sel kulit mati agar kulit terlihat lebih cerah.

Salah satunya adalah dengan pakai facial scrub. Butiran scrub dapat ngebantu angkat sel kulit mati pas ngebersihin wajah. Tapi jangan keras-keras gosoknya ya. Jangan samkaan seperti lulur badan. Karena kulit wajah ini lebih tipis. Bisa-bisa entar iritasi memerah gitu. Apalagi bagi yang punya kulit wajah sensitif dan berjerawat. Solusi lain, pilih exfoliate dalam bentuk cair yang diusap dengan kapas. Atau bisa dengan bantuan klinik kecantikan untuk exfoliate lewat facial.




AHA/BHA

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) adalah senyawa asam yang bisa ngebantu nangani permasalahan kulit. Buat aku pribadi, ini lebih cepay hasilnya. Karena ini memang mengandung senyawa kimia. AHA dan BHA bisa cepet kelihatan hasilnya karena dia langsung bisa angkat sel-sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. Tergantung seberapa persen kandungannya.

Selain itu, Asamnya itu juga bisa ngurangin jerawat, komedo dan mengontrol minyak pada wajah. Karena biasanya dalam bentuk cairan, AHA dan BHA lebih mampu menyerap ke dalam pori-pori tapi masih di lapisan terluar tanpa merusak lapisan dermis kulit yang di dalam. Ini jadi favorit pencinta skincare karena emang bisa langsung terlihat dalam waktu yang cukup cepat. 

Dalam label skincare, biasanya AHA digunakan dalam bentuk glycolic acid, lactic acid, malic acid, mandelic acid, atau citric acid, sedangkan BHA dalam bentuk salicylic acid, ini cocok untuk kulit berjerawat! Dalam penggunaannya tentu juga harus diperhatikan karena bila digunakan dengan salah dapat menyebabkan kulit terlampau kering. Jadi kalau pakai ini, tetep pakai pelembab yang mengandung Hylaronic Acid yaaa... yang bisa mengunci kelembaban air pada kulit.

Aku pakai ini?
Iya banget :)
Duh, ketahuan rahasiaku deeehh hihi...




Perlindungan Kulit

Abis capek-capek dengan rangkaian skincare, trus udah?
Nggak dong... wajib banget kita pakai perlindungan kulit. Dari apa? Ya dari paparan sinar matahari. Minimal pakai pelembab yang sudah mengandung SPF. Atau tabir surya tambahan sebelum/sesuhan pelembab. Mana yang kita suka aja.

Ini mengurangi kusam loh!

Karena paparan sinar matahari ini bagi kulit kering akan bikin kemerahan trus iritasi. Bagi kulit berminyak akan makin bikin minyakan, pori-pori terbuka trus memudahkan kotoran masuk. Jadi komedo. Parah jadi jerawat. Bintik-bintik hitam juga bakal muncul. Karena ya itu tadi, teroksidasi dengan matahari, jadi menggelap.

Mau?

Di jaman ozon menggila ini, SPF hukumnya udah wajib banget. Pernah lihat video tentang perbedaan kulit yang dilapisi lotion SFP sama yang enggak dengan kamera negatif, belum? Coba search di google deh...

Jadi, sudah siap cerah wajahnya?
Males perawatan tapi pengen cerah?
Hm... gimana ya...

Sumber Gambar Freepik | Dokumen Pribadi


Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Mega
AUTHOR
Thursday, 26 July 2018 at 11:20:00 GMT+7 delete

Aku juga banyak banget komedo,jadi aku mau nyoba tips ini siapa tau berhasil:)

Reply
avatar
Kontengaptek
AUTHOR
Thursday, 26 July 2018 at 17:40:00 GMT+7 delete

Hemzz akhirnya nemu juga artikel yang cocok..

Semoga bisa mencerahkan wajah setelah ikhitiar dengan sesuai cara diatas...

Makasih ka infonya..

Reply
avatar
Fanny F Nila
AUTHOR
Monday, 30 July 2018 at 09:57:00 GMT+7 delete

Aku rentan yg pake aha bha. Krn alergi itu. Makanya kalobudh ada kandungan aha, biasa aku lgs hindarin. Utk exfoliate pake yg facial scrub aja jadinya mba.. Soalnya pernah 2x make skin care yg ada aha nya, dan kulit muka lgs breakout parah banget yg baru balik hampir setahun. :( pdhl aku tau sih, kalo mukanya cocok pake aha bha, hsilnya memang baguuus

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon