REVIEW Avengers ENDGAME - Baper Gagal Move On

REVIEW Avengers ENDGAME - Baper Gagal Move On

CATATAN: Tidak ada spoiler (alur cerita) di review ini. Ketika review ini ditulis, film masih diputar di Bioskop.

Terbukti, durasi film ini 3 jam. Tapi pas nonton, saking serunya, ya kaya nonton biasa. Nggak kerasa. Pas udah dinyalain lampu dan cek HP, baru deh ngeh, What? Nyaris 3 jam! Yaaa sekitar 2 jam 45 menitan gitu. Tapi bagiku 3 jam ini isinya padat. Gak bertele-tele. Seru. Akutu bukan maniak MCU sebenernya. Baru suka film superhero keluaran marvel sejak nonton Black panther. Lanjut terus sampai sekarang. Avengers juga aku nontonnya mulai dari Infinity War.

Baca Juga:

Review BLACK PANTHER – Kucing Mainan Pedang

REVIEW Avengers (Infinity War) – Seandainya Avengers Ada di Indonesia?

 

Yang Nggak Ngikutin Film Marvel, Bisa Ikutin?

Bisa! Karena di sini kelihatan kok siapa yang Superhero, siapa manusia biasa. Lagian, sekalipun kita nggak nonton, minimal tahu nama-nama karakter yang punya keunikan sendiri-sendiri. Contoh, aku belum nonton Hulk, tapi aku bisa tahu ketika ada orang berbadan besar warna ijo itu pasti Hulk. Ya iya kan sebenernya ini tokoh dari komik. Dan kisah Hulk sebenernya ya sudah jaman lawas udah dikenal. Begitu juga dengan karakter-karakter lainnya.

Aku yang nonton baru dari Black Panther, Ant-man, dan Avengers Infinity War, bisa ngikutin sampe ending. Memang ada beberapa hal yang aku masih merasa tanda tanya kenapa begini kenapa begitu. Wajar lah ya, aku kan nggak nonton sejak awal. Beruntung suamiku paham betul, jadi kadang nanya dia siapa, dll. Pas kelar film kami diskusi dan segala plot hole versiku terjawab.

Itulah kenapa ketika film ini mau rilis, salah satu televisi menyajikan beberapa film pilihan untuk ditonton. Aku sempet nonton Captain America di TV beberapa hari lalu, jadi bisa tau sedikit-sedikit. Bahkan bioskop-bioskop juga beberapa hari sebelum Endgame keluar, menayangkan ulang Infnity war.

 

Avengers Endgame Review

Jadi begini, agak susah sebenernya mau ngereview tanpa spoiler. Haha… Pas cek di Google, kata kunci Avengers Endgame Spoiler malah udah muncul, padahal baru juga sehari tayang di Indonesia. Aku nggak bakal nyebutin, siapa yang menang, kalah, dan apa yang terjadi. Tapi kita sama-sama tahu lah ya, siapa musuh besarnya, Iya… Pak Thanos dengan batu akiknya. Tapi aku sebagai penonton yang sukanya nebak-nebak ini kecele alias ketipu. Plotnya nggak diduga. Sekitar 15 menit pertama aku sempet mikir, “Udah, gini doang? Trus? Pulang nih? Trus piye?” 

Buatku, endingnya ADIL.

Aku nggak kecewa-kecewa amat dengan jalan ceritanya. Kecuali dua hal yang bikin aku kecewa. Yang kunanti-nanti kan lanjutan peran Goose, kucing yang ada di film Captain Marvel. Tapi kutunggu sampe ending, nggak ada. Sedih akutu. Trus lagi, kenapa Captain Marvel di sini potong rambut jadi cepak? Kenapaaa… aku suka sama ketangguhannya tapi sekaligus keanggunannya masih dengan karakter ‘perempuan’ di rambutnya yang ikal.

Eh ternyata ada 3 kekecewaanku, kenapa Captain Marvel yang kukira bakal jadi KAPTEN dari film Marvel ini, ternyata hanyalah perempuan PHP. Macam kuntilanak, datang tak dijemput, pulang tak diantar. Tapi memang dia datang di saat yang tepat.

Sejujurnya aku bisa menebak alur ceritanya. Pasti abis ini gini, pasti abis ini gitu, dst. Nggak cuma di film MCU aja sih, film apapun entah gimana, aku selalu bisa membaca alurnya. Meski kadang tiap film punya plot twist sendiri-sendiri. Nah, sepanjang film Avengers Endgame ini aku pun bisa menebak beberapa adegan-adegan.

“Pasti abis ini keluar si ini.”

“Pasti si Anu bakal beraksi.”

“Pasti yang berhasil ngebunuh si Ono.”

Nah, cuma cara karakter keluar, aksinya gimana, cara ngebunuhnya gimana itu disajikan tak terduga di film ini. Aku masih berkali-kali kagum dengan penyajiannya yang WOW. Efek filmnya nggak bikin pusing. Ini penting!!! Karena ada dan masih banyak film perang main efek komputer itu geraknya terlalu cepat dan nyaris bikin mata pusing. Di film ini aku enjoy banget.

 

Baper karena Gagal Move On

Ini film yang jalan ceritanya bagus banget!!! Astaga, penutup Avengers yang bikin baper abis dah. Meski nggak sampai sesenggukan, tapi bener-bener dalem dan nusuk.

Kalau di Avengers Infinity War para Avengers-nya menghilang bak debu-debu intan, para avengers yang tersisa ini berusaha berkorban demi semua kembali dengan cara masing-masing dan kembali ke masa lalu. Yang pasti seandainya kita disuruh kembali ke tahun-tahun lalu, ingin perbaiki keadaan, apa yang bisa kita lakukan?


Ingin mengubah sesuatu tanpa mengubah jalan hidup. Susah. Kadang, eh sering malah, bikin pengen nangis. Ketemu orang-orang yang sudah meninggalkan kita. Rindu. Pengen peluk. Pengen di masa ini selama mungkin. Tapi…. banyak tugas yang belum selesai di masa depan. Harus kembali. Berpisah lagi. Mewek lagi. Baper. Huhu… Pulang dari nonton film ini, muncul pertanyaan:

Jika aku diberi kesempatan kembali ke masa lalu, apa yang ingin aku perbaiki?

 

Pelajaran yang paling bisa dipetik dari film ini adalah untuk kebaikan banyak insan manusia di dunia, butuh pengorbanan yang tulus, Sekecil apapun. keikhlasan atas sesuatu yang tidak ada untuk sesuatu yang lebih baik. Duh, ini film perang tapi menyentuh sekali.

Udah sih, itu aja kesanku nonton film ini.

Saran untuk yang mau nonton film Avengers Endgame

  • Sediakan waktu kurang lebih 3 jam. Bawa Jaket kalau nggak kuat AC.
  • Nggak usah bawa anak kecil kalau bisa. Durasi 3 jam ini bikin bosen loh bagi mereka.
  • Jangan banyak mimik sebelum nonton. Jangan minum soda, karena itu bisa memicu pipisan mulu. Tapi tetep bawa air ya. Dan cemilan ringan bair nggak laper-laper amat.
  • Ajaklah teman yang lebih ngerti tentang film-film MCU kalau ngerasa masih rendah banget pengetahuannya (seperti aku hehe). Minimal bisa ditanya, “Itu siapa?” Tapi jangan kebanyakan tanya, ntar temennya keganggu.
  • Pas keluar bioskop, langsung pipis.
  • Kalau waktu nonton kalian masih jauh dan punya waktu kosong, sedikit-sedikit nonton film MCU yang dulu-dulu. Atau minimal lihat karakter apa aja yang ada di film Avengers ini.
  • Nggak usah nungguin Post-Credit. Zonk. Nggak ada. Pulang aja. Cepetan pipis.

Nah, karena ini penutupan dari Avengers, aku jadi penasaran dong dengan yang belum kutonton. Kebetulan aku lagi cuti melahirkan, asyik kayanya nontonin film-filmnya. Nulis review ini aja pake ditemenin kontraksi palsu. Aduhai kan…. Tapi, karena aku bingung, lalu aku post Facebook minta saran nonton dari mana.  Ternyata ada sekitar 21 film yang kudu kutonton. Hahaha… gapapa. Anggap aja ini drakor gitu yak. Trus aku dikasih MCU Chonologi dari share-share temenku. Dan ternyata pas aku search di Google, banyak juga yang udah bikin infografisnya. Dan ini salah satunya yang mudah dipahami. Ini berdasarkan Tahun kejadiannya. Bukan tahun rilis filmnya ya.

Sumber Gambar Art and Memes

 

Untuk urutan kudu nonton film apa dulu, ini dia listnya berdasarkan tahun rilisnya. Yuk! Kita maraton film ini bareng aku hahaha!

Iron Man (2008)
The Incredible Hulk (2008)
Iron Man 2 (2010)
Thor (2011)
Captain America: The First Avenger (2011)
The Avengers (2012)
Iron Man 3 (2013)
Thor: The Dark World (2013)
Captain America: The Winter Soldier (2014)
Guardians of the Galaxy (2014)
Avengers: Age of Ultron (2015)
Ant-Man (2015)
Captain America: Civil War (2016)
Doctor Strange (2016)
Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)
Spider-Man: Homecoming (2017)
Thor: Ragnarok (2017)
Black Panther (2018)
Avengers: Infinity War (2018)
Ant-Man and the Wasp (July 2018)
Captain Marvel (March 2019)
Avengers: Endgame (April 27, 2019)

 

Coming Soon:

Spider-Man: Far From Home (July 5, 2019)


Yang bahas tentang batu warna-warni 

Captain America, Captain Marvel, and The Avengers– Tesseract (Space Stone)
Thor: The Dark World -Aether (Reality Stone)
Guardians of the Galaxy – The Orb (Power Stone)
Avengers: Age of Ultron – Loki’s Scepter / Vision (Mind Stone)
Doctor Strange -Eye of Agamotto (Time Stone)
Avengers: Infinity War– Soul Stone

  

Btw, aku kok ngefans sama Thor ya, haha! 

Di Film ini, Thor kocak banget. Lucu. Gemes. Tapi dia keren! Film baru mulai 10 menit aja dia udah keren. Keren yang kocak. Haha!

 

Ohya, film bersambung dengan ciri menerka-nerka ini kelanjutannya yang mana dsb ini ada juga yang aku ikutin. Dan aku tuntas ngikutinnya sampai film itu nggak rilis lagi. Pernah tahu Paranormal Activity. Ada semacam teka-teki yang kalau ditonton runtut per tahun rilis sebenernya kuncinya kudu ditonton mundur. Seru juga nonton yang cara penyajiannya unik. By the way, yang ini film horor. Aku pernah review di blog ini:

Baca juga Paranormal Activity Review

Lihat semua Review Film di blog ini

 

Sumber Gambar:

Inverse | Peradaban Dunia | The Jakarta Post | Esquire | IGN | Saostar | MCU Cosmic | Orlando Santinel | Heroic Hollywood | Time Magazine | CBS News | Flip Board

Previous
Next Post »

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon