Jember Fashion Carnival (JFC) 2016 - REVIVAL is Begin!

Jember Fashion Carnival (JFC) 2016 - REVIVAL is Begin!

Jember Fashion Carnival (JFC) 2016 - REVIVAL is Begin!

Karnaval kelas dunia...
Jember Fashion Carnival (JFC) 2016...
kini telah bisa disaksikan...
oleh dunia!

Inilah yang ditunggu-tunggu oleh seluruh mata di dunia. Semua pemburu carnival untuk objek photoshot-nya dari seluruh indonesia dan seluruh mancanegara datang ke pusat kota Jember. Demi melihat dengan mata kepala sendiri keindahan fashion unik dari Jember Fashion Carnival (JFC).

JFC Grand Carnival - Chandelier


Setelah tahun 2015 lalu JFC sukses dengan tema OUTFRAME, tahun ini JFC mengusung tema REVIVAL. Masih dengan menyiapkan 10 defile/tema yang luar biasa indah untuk kita lihat. Di sini kita akan melihat betapa kreatif dan uniknya fashion carnival ini.


Ini ketika aku hadir di JFC Award yang ada tema Egypt tahun 2015.Hehe, aku sudah mirip Cleoparta?







JFC Menginspirasi Jenis Karnaval Tahunan di Indonesia

Siapa sih yang nggak asing dengan agenda karnaval di bulan kemerdekaan Indonesia? Pasti di kotamu akan melihat karnaval dengan pernak pernik unik di pakaiannya. Berlenggak lenggok centil dengan segala atribut yang tidak biasa melekat di tubuhnya.

Ya, JFC-lah sumber inspirasinya.
Dari sinilah awal bermula, kawan... karnaval unik yang ada di daerahmu... ya dari Jember-lah dimulai... sejak 15 tahun yang lalu ^^

Poster Jember Fashion Carnival REVIVIAL 2016





Kiprah JFC

Sudah 15 tahun JFC berkreasi dengan segala keunikannya, mengusung tema khas yang tak jauh dari kehidupan kita sehari-hari.

Dulu aku pertama kali lihat ketika JFC masih umur 3 tahun. Atribut dan pernak pernik masih sangat sederhana. Masih sangat terlihat sederhana karena memang bahan yang dipakai adalah barang-barang bekas. Beda dengan atribut yang saat ini dipakai. Meski bahannya dari recycle juga, tapi terlihat sangat berkelas.

JFC Artwear


Dulu jamannya Global warming, pakai plastik dirangkai menjadi pakaian unik. Jamannya tsunami pakai apa saja yang warnanya coklat keruh. Jamannya es batu mencair pakai tema es-es gitu deh. Aku masih ingat betul. Waktu itu, JFC belum terkenal dan menginspirasi berbagai daerah untuk mengusung carnaval unik seperti sekarang.

Kini, sudah banyak daerah dan kota di Indonesia mengadopsi karnaval jenis unik ini ditampilkan di daerah masing-masing. Dan semua kreatif...! Semakin beragam dan unik.




JFC Mendunia

JFC beberapa tahun terakhir resmi menjadi karnaval yang mendunia atau Karnaval kelas dunia. Tahu karnaval di Eropa, tepatnya di Rio? Ya, semacam itu.

Indonesia juga punya!
Jadi JFC ini bukan sembarang karnaval. Ini sudah dilirik dunia dan dinanti oleh semua insan di jagat negeri ini. Para peminat pemburu photo langka datang ke sini, ke Indonesia khususnya di Jember. Untuk menyaksikan langsung keindahannya dan direkam pada mata lensanya.

JFC Grand - Garuda





Bukan Sekedar Karnaval

Kalau kalian mengira ini hanya membuat kostum lalu dipasang, berlenggak lenggok di depan publik, kalian salah. Untuk bisa beraksi di depan publik, mereka masih harus melalui latihan yang rutin di teras dan sepanjang jalan gedung Dynand Fariz, official desainer. Pencetus JFC ini ya desainer Bapak Dynan Fariz ini.

JFC Kids - Hortus


Selain itu mereka masih harus mengonsep dan membuat kostumnya mandiri, tentu dibantu bersama kawan seperjuangan. Dan tidak sampai di situ saja, nanti penampilan mereka masih dinilai berdasarkan prestasi dan keunggulan masing-masing. Dipilih dari yang paling terbaik dari yang sudah terpilih menjadi terbaik.

LUAR BIASA....!

JFC Arware - Barong


Maka mereka akan mendapatkan Award yang pantas. Itulah sebuah kebanggaan bagi mereka yang ikut bergabung di JFC. Keren banget kan?!




Pesta Rakyat untuk Semua

Semalem aku mampir ke eksebisi di alun-alun kota Jember. Melihat para artis nya gladi bersih buat acara esoknya. Jadi ini tuh acara dari tanggal 24-28 Agustus 2016.

Ini adalah suasana para peserta JFC sedang melakukan latihan gladi bersih untuk penampilan esok. Lihat laki-laki berbaju merah memegang microphone? Itulah Dynan Fariz. Kerja keras beliau sedang jadi sorotan dunia. Sukses untukmu, Pak... :)

Suasana Gladi Resik di Depan Kantor Pemda Alun-Alun Jember Bersama Dynan Fariz

Di bawah ini adalah suasana pameran Eksibisi di sepanjang alun-alun kota Jember. Masih on aja di malam hari, membuat suasana menjadi sangat keren.


Sedangkan yang di bawah ini adalah salah satu atribut dari Defile Chandelier. Wow... segini besarnya! Detailnya luar biasa... siapkah kamu menyaksikan ini?

Atribut JFC Defile Chandelier



Seperti semalam (25 Agustus 2016) malamnya JFC Kids gladi bersih untuk tampil tanggal 26 Agustus. Begitu seterusnya. Dan inilah jadwalnya.

Baca Juga Mata NAJWA on STAGE di Jember tembus Rekor MURI 35K!

25 Agustus  - JFC Kids --- Yang main anak kecil lucu dan menggemaskan dengan gayanya itu.
26 Agustus  - JFC Artwear --- Kostum yang langsung pakai. Nggak ribet-ribet gitu.
27 Agustus  - JFC Waci --- Ini dari berbagai propinsi di Indonesia ikut berpartisipasi.
28 Agustus  - JFC Grand Carnival --- Ini puncaknya Carnival. Atribut Jumbob yang unik dan keren akan tampil memanjakan mata. Wow.

JFC - Kids - Chandelier


Mau tahu teaser JFC tahun 2016 ini dan bagaimana bentuk dari fashion di 10 defile tahun ini? Simak videonya di bawah ini.


ARTWEAR CARNIVAL

JFC - Artwear Carnival 2016

JFC - Artwear Carnival 2016

JFC - Artwear Carnival 2016

JFC - Artwear Carnival 2016

JFC - Artwear Carnival 2016





GRAND CARNIVAL

JFC - Grand Carnival 2016

JFC - Grand Carnival 2016

JFC - Grand Carnival 2016

JFC - Grand Carnival 2016

Are You Ready to see...
the big Carnival in Indonesia?
Indonesia to the World...

Jember Fashion Carnival...
World Class Fashion Carnival...


Sumber Foto: Jember Fashion Carnival Official | Astropenna | Dokumen Pribadi



Previous
Next Post »

22 komentar

Write komentar
PIPIT
AUTHOR
Friday 26 August 2016 at 09:00:00 GMT+7 delete

Vindy, sumpah keren banget!!!!
Sebagai orang jawa timur bangga lah sama Jember yang menginspirasi hampir seluruh daerah di Indonesia untuk menyelenggarakan acara kece, JFC ini.
Duh.. Itu yang kategori kids unyu2 banget vin

Reply
avatar
Friday 26 August 2016 at 09:48:00 GMT+7 delete

wah jember jos gandos itu iaa, pakaian kok sampai segitunya, boleh minjem gak tuh mbak? buat photo shoot :D

jember selian kota santri juga sebagai landmark (bener gak sih nulisnyaa) festival fashion.. jossss

Reply
avatar
Ila Rizky
AUTHOR
Friday 26 August 2016 at 10:59:00 GMT+7 delete

wah, acaranya sampe malem ya, vin. kirain kalau pawai carnival gini siang hari. kostumnya unik2. :D

Reply
avatar
Latifah
AUTHOR
Friday 26 August 2016 at 12:57:00 GMT+7 delete

Widih gileee keren banget itu jember fashion carnavalnya. Udah sekelas internasional pula. Detail kostumnya bisa gitu ya, rapih bener. Aku saoe bingung mau komen apaan. Penasaran, pengen liat secara langsung, pasti seru abis. Liat kostum kostum kece gitu. Fotonya kurang banyak kak vin hehe

Reply
avatar
Zia
AUTHOR
Friday 26 August 2016 at 14:23:00 GMT+7 delete

Kereeeeen teasernya bikin pengen ke Jember. Kostum yg pakai fosfor itu asik memang, klo gelap nyala. Kaosku d rumah yg ada fosfornya jg jd favorit haha. Next year smoga ada ksempatan ke Jember buat ngliat :)

Reply
avatar
zaenudin
AUTHOR
Friday 26 August 2016 at 14:27:00 GMT+7 delete

ini yang paling saya tunggu tunggu, di sekolah saya juga suka ada karnaval setiap kenaikan kelas dan beberapa tahun belakangan mulai terinspirasi menampilkan kostum2 unik seperti JFC ini. kereeeen Thank you JFC

Reply
avatar
Prananingrum
AUTHOR
Friday 26 August 2016 at 14:47:00 GMT+7 delete

jember festival ini sangat fenomenal ya mbak, aku juga sering penasaran masak bangsa sdr ga tahu

Reply
avatar
Agung Rangga
AUTHOR
Friday 26 August 2016 at 17:12:00 GMT+7 delete

Waaaah, keren-keren banget kostumnya!
Pengen banget ngelihat langsung JFC ini!!! XD

Reply
avatar
ERPA
AUTHOR
Friday 26 August 2016 at 23:52:00 GMT+7 delete

Tahun lalu kayaknya ke blog ini juga, baca soal Jember Carnaval. Dan masih teteup kereeuunn... Cuma kalo gak salah dulu sempet ada problem harga tiket yg mahal gak sih? Masih kejadian gak? :D

Event-event kayak gini nih yang harus dibanggain, biar para turis datang ke Indonesia bukan cuma karena keindahan alamnya aja, tapi karena kreatifitas masyarakatnya. :)

Reply
avatar
Saturday 27 August 2016 at 05:08:00 GMT+7 delete

Kayake emang perlu liat JFC minggu besok. Hhee

Reply
avatar
April Hamsa
AUTHOR
Saturday 27 August 2016 at 11:22:00 GMT+7 delete

Pernak ke JFC sekali doank, tahun 2010 kalau gak salah. Bagus ya hehe. Skrng mungkin jauh lbh ramai lg dgn kreativitas yg makin menarik. TFS :)

Reply
avatar
Arjuna Rafi
AUTHOR
Saturday 27 August 2016 at 21:56:00 GMT+7 delete

Busyeet ??? itu serius ?? wah rame banget ya , btw di Samarinda juga ada tapi namanya kaltim expo gitu . Tapi gila keren , kostumnya juga keliatan unik and menarik . Pengen rasanya nonton langsung hemm...

Reply
avatar
Sunday 28 August 2016 at 00:56:00 GMT+7 delete

Wah-wah.... Ternyata JFC bener-bener event yang gak main-main, ya VIn. Apalagi, sampe dilirik dunia.

Tapi, dari semua foto, jujur gue salut dan acungkan jempol yang gue punya. Serius. Kreatif semuanya. Pake keren pula karya-karyanya.

Tapi, ada beberapa kostum yang menurut gue gak kalah keren dengan Power Ranger gitu. hahahaha. Hayalan gue parah. :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Sunday 28 August 2016 at 08:06:00 GMT+7 delete

ternyata ini jadi karnival yang dilirik dunia, gak nyangka Indonesia punya hal sekeren ini.

Kostumnya juga keren2 yah, tapi kok gue merasa kostumnya ada revolusi gitu mirip pokemon ya, hmm.. imajinasi ku sangat tidak wajar, muehehe...

Reply
avatar
Ahmad
AUTHOR
Sunday 28 August 2016 at 12:37:00 GMT+7 delete

nah seharusnya yang kayak gini nih, yang harus sering'' di eksopos oleh media. biar bikin jiwa nasional kita semakin ada. bangga jadi orang indonesia.

ini keren banget sih asli, gue baru tau malah. hahaha
pengen juga jadinya, ngeliat secara langsung, ternyata karnaval di negri sendiri lebih keren.
itu videonya juga keren sih, matanya bisa putih gitu pake softlens gitu ya? serem juga ya
haha

Reply
avatar
Sunday 28 August 2016 at 13:04:00 GMT+7 delete

Itu buatan si Chandelier kok jadinya malah mirip sama Kamen Rider ya? Wkwkwk. Eventnya keliatannya seru nih, tapi di Jember ya...jauhhhhhhh...gua di Bandung hiks. Baru tau kalo di Indonesia juga udah banyak event-event kayak gini, kayaknya gua memang kelamaan di luar negeri hahaha

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Saturday 3 September 2016 at 15:57:00 GMT+7 delete

Udah kaya monopoly yaa bikin landmark... :D

Reply
avatar
Saturday 3 September 2016 at 19:37:00 GMT+7 delete

keren ya Jember, pengen banget ke sana pas ada JFC tpi belum kesampaian :'
btw tahun ini aku lihat ada foto keluarga anang wkwkwk

ditempatku juga ada yg pake baju kaya yg di JFC pas karnaval 17an gitu, tapi kayanya gak seriweuh bajunya JFC deh hhe

Reply
avatar
Adi Febrian
AUTHOR
Monday 5 September 2016 at 16:16:00 GMT+7 delete

Udah 15 tahun ternyata karnival ini ternyata. dan sekarang udah mendunia aja. Syukurlah dengan karnival ini, tentunya Indonesia bakal dilirik wisatawan.

Vindy udah liat karnival ini di umur 3 tahun?? Eh, bukannya Rio di Brazil vin? bukan di Eropa

Reply
avatar
Jefferson L
AUTHOR
Monday 5 September 2016 at 22:30:00 GMT+7 delete

wih, jember kerenm luh.. baru kemarin mata najwa di jember, sekarang ada festival gokil kayak gini. muantep abis!

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Wednesday 7 September 2016 at 02:11:00 GMT+7 delete

Gue lagi mikir itu kostum yang mereka kenakan berat gak sih. Kalo berat, memang orang-orang yang menggunakan kostum itu bukan sembarangan.

Gue palingan ngeliat karnaval anak TK, yang menggunakan kostum profesi yang mereka cita-citakan. Belum pernah ngeliat karnaval yang kostumnya detail begini sih.

Reply
avatar
ahmad46
AUTHOR
Tuesday 20 September 2016 at 01:17:00 GMT+7 delete

ada yg tau alamat & nomer kontak designer jember carnival, mas Dynand Fariz??

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon