Perkembangan Jaringan 1G sampai 4G

Perkembangan Jaringan 1G sampai 4G


Semua tahu kan ada beragam jenis jaringan internet yang bisa kita gunain untuk akses internet pakai smartphone. Sekarang, 3G dan 4G adalah 2 jenis sinyal yang paling banyak dipakai orang-orang di indonesia pas akses internet lewat smartphone.

Banyak paket data di Indonesia yang nyediain 4G, seperti paket data Indosat, XL, Telkomsel, Axis, dan banyak lainnya. Namun apakah temen-temen tau gimana sejarah dari penamaan sinyal-sinyal tadi? 

Gimana semua itu dimulai...?



🌐 1G 
Artinya 1st Generation (generasi pertama) dari teknologi yang digunakan untuk jaringan komunikasi selular. 1G adalah sinyal radio yang ditransmisikan dalam bentuk analog. Fungsi dasarnya seperti nelepon dan kirim pesan text tapi tentu 1G punya kekurangan terbesar yaitu ketersediaan sinyal yang terbatas.



🌐 2G 
Singkatan dari 2nd generation, atau generasi kedua. Sinyal 2G adalah pengembangan dari sinyal 1G. Sudah pakai enkripsi digital untuk komunikasi yang dilakukan. Jaringan 2G diluncurkan secara komersial di standar GSM setelah 1G. Sinyal 2G juga sudah bisa pakai layanan internet dan pesan singkat (SMS).

Kualitas panggilannya lebih baik dan transmisi datanya juga lebih simpel dibanding 1G. Itu karena berdasarkan pada jaringan digital. Nggak seperti 1G, 2G sudah memungkinkan konektivitas di seluruh dunia.





🌐 2.5G
2.5G, atau 2,5G GPRS adalah perkembangan dari 2G yang punya kecepatan transfer data yang mencapai 50Kbit/second. Kecepatan ini kalau di jaman sekarang nggak ada apa-apanya ya. Haha! 

GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service.



🌐 2.75G
Biasa disebut EDGE atau singkatannya E. Nah, EDGE ini kepanjangan dari Enhanced Data Rates for GSM Evolution. Punya kecepatan transfer data yang hingga 1Mbit/second. Ini masih sering kita dapetin ketika kita ada di pelosok ya? Buat WhatsApp masih bisa nih. Tapi buat browsing google udah nggak mau.



🌐 3G 
Nah, kalau ini masih sering dan wajib ada di pilihan jaringan hape. Hampir semua area support jaringan internet ini. Semua provider di Indonesia juga nyediain jaringan 3G. Awal-awalnya video call dari sinyal 3G kan? Kecepatan jaringan 3G mencapai 2Mbps.




🌐 3.5G 
3.5G adalah perkembangan dari jaringan 3G, sering juga disebut Turbo 3G atau HSPA. HSPA adalah High Speed Packet Access atau paket akses kecepatan tinggi.



🌐 3.75G 
Nah, kalau ada tanda H+ maka inilah sebenernya nama jaringannya. Kepanjangan dari HSPA+. Jaringan ini bisa mencapai kecepatan maksimum hingga 42Mbps. Dirilis pada tahun 2008 dan mulai digunakan di seluruh dunia pada tahun 2010.




🌐 3.9G 
Ini aku baru tahu sih ada jaringan tanggung begini. Hehe. Jaringan 3.9G adalah kemajuan dari HSPA dan sering disebut sebagai Advanced HSPA+. Advanced HSPA+ ini juga merupakan awal mula dari teknologi LTE, atau Long Term Evolution. LTE telah melewati berbagai macam pengujian dan perbaikan sehingga beberapa jenis LTE bisa dikategorikan sebagai jaringan berstandar 4G.



🌐 4G  
4G adalah singakatan dari Fourth Generation. 4G memiliki semua fitur yang ada pada 3G, dan memiliki kecepatan transmisi data yang bisa mencapai 1Gbps. Ini yang paling banyak kita rasain sekarang. Meski memang masih belum semua daerah tercover dengan 4G ya? Malah sekarang ada 4.5G. 

Tapi sejauh ini, paket internet yang paling murah yang ngedukung 4G. Kalau nggak 4G malah justru lebih mahal ya? Smartphone saat ini yang murah sekalipun juga udah ngedukung 4G. 


Jadi, sudah tahu kan sejarah dan perkembangan jaringan?
Di tempatmu tercover jaringan apa, gengs?

Sumber Gambar: Freepik

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
Anisa AE
AUTHOR
Thursday, 22 February 2018 at 09:38:00 GMT+7 delete

Baru tahu wkwkwk, tapi dulu pakai edge udah bisa pakai browsing di opera hape :D Meskipun lelet, kalau di chrome malah lebih lelet.

Reply
avatar
Angela Vembri
AUTHOR
Thursday, 22 February 2018 at 09:39:00 GMT+7 delete

Aku gak tahu yang 1G tu, hahaha. Palingan ngikutin yang 2G.

Reply
avatar
Thursday, 22 February 2018 at 11:22:00 GMT+7 delete

Kalo di hitung-hitung ..
Zaman 1G itu tahun berapaan ya,, hmmm
* Mungkin saya belum lahir .. :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday, 23 February 2018 at 17:08:00 GMT+7 delete

iya chrome memang agak rewel. Kudu koneksi yang agak kenceng.

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
Friday, 23 February 2018 at 17:09:00 GMT+7 delete

Iya sama aku juga asing dengan sebutan 1G.

Reply
avatar

Jejakkan komentar, saran, kritik, dan pertanyaan melalui Contact atau komentar di bawah ini. Gunakan komentar Facebook (di atas) jika ingin mendapat notifikasi balasan langsung dari Facebook. Atau bisa juga dengan akun Blog/Gmail.

Terima kasih berkenan membaca dan mampir di Vindy Pindy Mindy.
--- www.vindyputri.com ConversionConversion EmoticonEmoticon